18 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan yang sangat Luar Biasa

Manfaat Buah Belimbing - Belimbing atau dalam bahasa inggris star fruit mengandung banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Sehingga belimbing memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. 

Sebelum kita bahas apa saja manfaat buah belimbing bagi kesehatan, mari kita urai dahulu nutrisi apa saja nutrisi yang terdapat didalam belimbing. Dalam 100 gr belimbing segar terdapat vitamin A sebesar 170 SI, vitamin B1 0,03 mg, Vitamin C 35 mg, zat besi 1,1, mg, fosfor 12 mg, kalsium 4 mg, karbohidrat 8,8 gr, protein 0,4 gr, lemak 0,4 gr dan kalori 36 kal. 

BUAH BELIMBING

Manfaat Belimbing 

  • Akar belimbing berkhasiat untuk anti-inflamasi (Inflamasi berarti peradangan, jadi anti-inflamasi artinya mencegah, meredakan, dan menyembuhkan peradangan) dan diuretik (Diuretik adalah zat yang bersifat meningkatkan produksi air seni)
  • Daun belimbing berkhasiat untuk anti-inflamasi, anti-piretik (Piretik dari kata dalam Bahasa Inggris "pyretic" yang berarti berkaitan dengan, ditimbulkan dan dipengaruhi oleh demam. Jadi anti-piretik berarti mencegah, meredakan, dan menyembuhkan hal-hal yang berkaitan dengan demam) dan diuretik.
  • Bunga belimbing berkhasiat untuk anti-piretik dan ekspektoran (Ekspektoran adalah zat atau obat yang dapat merangsang pengeluaran dahak dari saluran pernafasan).Ternyata dari akar samapi bunga belimbing memiliki manfaatnya sendiri-sendiri ya, luar biasa sekali bukan.

Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan


  • Buah belimbing berkhasiat untuk anti-inflamasi, analgesik (Analgesik adalah zat atau obat yang berfungsi sebagai penahan rasa sakit) dan diuretik. 
  • Penyembuh Dari Berbagai Penyakit. Berbagai penyakit yang dimaksud yaitu demam, bisul, sakit tenggorokan.
  • Penangkal Berbagai Radikal Bebas Penyebab Kanker. Ini dikarenakan, belimbing merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan antioksidan didalamnya.
  • Menyehatkan Organ Pencernaan. Kandungan serat dalam buah belimbing mampu membantu kerja organ pencernaan lebih maksimal serta mencegah dari gangguan sembelit atau ganguan yang diakibatkan susah buang besar.
  • Membantu Menurunkan Berat Badan. Buah belimbing memiliki kandungan kalori sejumlah 30 kalori per buahnya. Jadi sangat baik bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, dengan menyediakan buah ini dalam menu makanan harian anda.
  • Mencegah Penyakit Jantung Maupun Stroke. Berbagai kandunagan vitamin dalam belimbing yang telah disebutkan diatas dapat membantu untuk mencegah datangnya berbagai penyakit mematikan seperti jantung dan stroke.
  • Mencegah rambut rontok. Kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi dari buah belimbing dapat menutrisi setiap helai rambut dan menghindarkan dari gejala kerontokkan pada rambut kepala anda.
  • Mengobati Jerawat Maupun Kulit Berminyak. Ini dikarenakan, buah belimbing mengandung zinc yang berperan menangkal tumbuhnya jerawat pada kulit wajah anda. Caranya adalah ambil belimbing 5 buah. Cuci secara menyeluruh. Blender Buah belimbingnya tambahkan sedikit garam. Tempelkan pada kulit yang berjerawat. Lakukan pagi dan sore hari. Atau mempersiapkan 5 buah belimbing dan 1/5 sendok teh bubuk belerang, ditumbuk halus lalu diremas dengan 2 sendok makan air jeruk nipis. basuhkan pada bagian yang berjerawat dan bagian wajah yang berminyak. Lakukan 2-3 kali sehari.
  • Mengobati tekanan darah tinggi. Buah belimbing juga dapat digunakan sebagai herbal untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Caranya, ambil 5 buah belimbing belimbing buah dicuci dan dipotong-potong seperlunya, direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, minum setelah sarapan.
  • Mengobati batuk. Buah belimbing juga bisa anda gunakan sebagai herbal untuk mengobati batuk. carany adalah: ambil Daun, bunga, buah, masing-masing banyaknya sama yang dibutuhkan untuk pengobatan direbus dengan air 3 gelas sampi mendidih selama 30 menit, dan minum airnya.
  • Mengobati Diabetes. satu lagi yang luar biasa dari buah belimbing adalah dapat mengatasi diabetes, caranya adalah lumatkan 6 buah belimbing, lalu rebus  dengan 1 gelas air sampai air setengah, Saring dan minum 2 kali sehari.
  • Mengobati penyakit gondok. Buah belimbing juga berkhasiat untuk mengobati penyakit gondok, caranya adalah, ambil daun belimbing Setengah genggam ditumbuk dengan bawang putih 3. kompreskan pada bagian gondok. 10 ranting muda belimbing berikit daunya dan 4 butir bawang merah setelah dicuci bersih lalu haluskan. balurkan pada bagian yang sakit.
  • Mengobati Reumatik. Buah belimbing juga ampuh untuk mengatasi penyakit reumatik, caranya adalah ambil segenggam daun belimbing kemudian cuci, tumbuk sampai halus, tambahkan kapur sirih, gosokan kebagiyan yang sakit. 100 gr daun muda belimbing, 10 biji cengkeh dan 15 biji merica dicuci dan ditumbuk halus, tambahkan cuka secukupnya sampai adonan seperti bubur. tempelkan adonan bubur itu ketempet yang sakit. Lakukan dengan 2-3 kali sehari.
  • Menghilangkan panu. Anda memiliki panu? Wah, pasti gatal dan sangat menjengkelkan, hilangkan panu anda dengan belimbing, caranya ambil sepuluh buah belimbing  lalucuci dan tumbuk halus, tambahkan kapur sirih dari biji asam jawa, hancurkan sampai halus. gosok kulit yang ada panunya. Lakukan 2 kali sehari.
  • Mempercantik kulit. Jika anda ingin memiliki kulit cantik dan bersih, belimbing bisa jadi solusinya, caranya dengan rutin minum jus buah belimbing akan membuat kulit terlihat jauh lebih sehat dan cantik. Ini karena kandungan vitamin C serta zinc nya yang cukup tinggi.

Bagaimana? Jangan sekali-kali meremehkan Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan, lebih baik kalau mengkonsumsi belimbing secara teratur, agar manfaatnya bisa kita dapatkan secara maksimal. Baca juga 31 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan dan kecantikan yang sangat luar biasa