Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan dan Kebugaran

Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan dan Kebugaran - Manfaat manggis suda htidak diragukan lagi, buah yang satu ini belakangan buming di layar kaca dan ilkan di berbagai website ternama di negeri kita. Hal ini memang wajar, karena hasil penemuan membuktikan manfaat luar biasa dari buah dengan naman latin Garcinia mangostana L yang merupakan tumbuhan asli dari Nusantara

Pohonnya memiliki ciri, tinggi antara 7 sampai 25 mete, buahnya berpangsa dan berwarna merah keunguan ketika matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah. Manfaat manggis yang paling terkenal adal hepngobatan kanker, selain itu juga mempunya khasiat anti-inflamasi dan antioksidan. Tidak hanya di dalam negeri, diluar negeri juga terjadi demam buah manggis bahkan buah ini dikenal dengan kadar antioksidan tertinggi di dunia. Tidak hanya isinya, namun juga kulitnya dabiji memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh kita.

Kali ini kita akan sedikit mengupas mengenai Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan dan Kebugaran yang perlu anda dan kita semua ketahui, supaya kita jangan terjebak dengan penggunaan bahan-bahan kimia yang meracuni tubuh, terutama ginjal.

BUAH MANGGIS

Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan dan Kebugaran

  • Mengandung senyawa xanthone 

Kulit buah manggis mengandung zat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, yakni xanthone. Beberapa penelitian menunjukkan, senyawa ini memiliki sifat sebagai antidiabetes, antikanker, anti peradangan, antibakteri, antifungi, antiplasmodial, dan meningkatkan kekebalan tubuh. 

  • Menghambat penuaan

Menurut penelitian lain, zat antioksidan alami yang terkandung dalam buah manggis juga bisa menghambat proses penuaan pada tubuh. Zat ini akan selalu memperbaiki jaringan sel tubuh, sehingga Anda awet muda. 

  • Antikanker

Selain sebagai antioksidan, khasiat xanthone juga sebagai antikanker. Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, selain itu ekstrak kulit manggis juga bersifat apoptosis penghancur sel kanker. 

  • Menyehatkan mata, kulit dan rambut

Menurut hasil penelitian oleh pakar nutrisi dari Amerika, buah manggis dapat membantu membuat kulit, mata, gigi, gusi dan rambut lebih sehat. 

  • Meningkatkan stamina dan tenaga

Manggis juga memiliki peran penting dalam penyerapan dan metabolisme protein dan karbohidrat sehingga membantu dalam menjaga stamina tubuh. 

Karena khasiat dan manfaat yang sangat besar dalam kulit manggis, maka jangan buru-buru membuang kulit manggis setelah mengkonsumsi buahnya. Kita bisa membuat sendiri seduhan dari kulit manggis sendiri, meskipun rasanya agak pahit, tapi berkhasiat. 

Cara Membuat Ramuan Manggis

Cuci bersih kulit buah, kemudian potong kulit dari 2 butir buah. Selanjutnya potongan tersebut direbus dalam 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Air rebusan disaring untuk kemudian diminum secara rutin 2 - 3 kali sehari. 

Perhatian 

Kulit buah manggis mengandung kadar resin, tanin, serat kasar, dan komponen lainnya yang tidak dapat dicerna tubuh pada kadar tinggi. 

Beberapa kasus dapat muncul akibat mengkonsumsi kulit buah manggis dalam bentuk tepung tanpa perlakuan yang baik, seperti gangguan pada ginjal dan usus serta pada organ tubuh lainnya.


Demikianlah beberapa Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan dan Kebugaran, semoga bermanfaat. Baca juga Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan yang Harus Anda Ketahui.