17 Manfaat dan Khasiat Buah Kedondong Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Anda suka sama yang asam-asam? Atau suka buat rujak? Buah yang satu ini pasti sering anda jadikan campuran buah ketiak membuat rujak. Kedondong, bisa kita jadikan manisan, dimakan langsung, dibuat rujak atau diolah menjadi aneka ramuan herbal yang sangat berkhasiat bagi kesehatan.
Ada banyak sekali manfaat buah kedondong bagi kesehatan dan kecantikan. Bahkan buah ini juga bisa mengatasi dan mencegah berbagai penyakit yang berbahaya, seperti penyakit jantung juga menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Manfaat dan Khasiat Buah Kedondong Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Apa saja kira-kira Manfaat dan Khasiat Buah Kedondong Bagi Kesehatan dan Kecantikan yang sudah teruji tersebut? Sebelum kita bahas apa saja manfaatnya, mari kita bahas terlebih dahulu kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya.  Berikut ini adalah daftar nutrisi yang terdapat pada buah kedondong yang sudah masak. 


Banyaknya Buah Kedondong Masak yang diteliti (Food Weight) = 100 gr 
Bagian Buah Kedondong Masak yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 58 %

Jumlah Kandungan Energi Buah Kedondong Masak = 41 kkal
Jumlah Kandungan Protein Buah Kedondong Masak = 1 gr
Jumlah Kandungan Lemak Buah Kedondong Masak = 0,1 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Buah Kedondong Masak = 10,3 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Buah Kedondong Masak = 15 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Buah Kedondong Masak = 22 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Buah Kedondong Masak = 3 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Buah Kedondong Masak = 233 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Buah Kedondong Masak = 0,08 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Buah Kedondong Masak = 30 mg
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.


Manfaat dan Khasiat Buah Kedondong Bagi Kesehatan 


1. Obat Baruk

Resep:

  1. Siapkan 3 buah kedondong kemudian cuci hingga bersih.
  2. Setelah itu parut buah kedondong hingga selesai.
  3. Tanpa ditambah air peras airnya dan berikan sedikit garam. Siap untuk diminum 2x dalam sehari.

2. Obat Sakit Perut Dan Diare

Resep:
  1. Gunakan ± 15 gram kulit batang kedondong yang masih segar lalu cuci sampai bersih.
  2. Setelah dicuci kemudian dipotong-potong kecil,
  3. Rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit.
  4. Setelah air rebusan dingin segera saring, dan air hasil saringan bisa diminum 2x sehari.

3. Mengobati Borok  dan Luka Terbakar

Daun kedondong juga digunakan secara tradisional untuk mengobati obat borok, luka perih dan luka terbakar.

4. Mengobati dan Mengatasi Diare

Resep:
  1. Gunakan kurang lebih 15 gram kulit batang kedondong segar yang telah dicuci bersih. 
  2. Lalu potong kecil-kecil dan rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. 
  3. Tunggu sampai dingin lalu saring dan air hasil saringan dapat diminum 2 kali sehari.

5. Pemeliharaan Saluran Pencernaan dan Diet


Kandungan serat pada 100 gram buah kedondong yang mencapai 0,83-3,60 mg sangat bermanfaat untuk melancarkan fungsi saluran cerna.Selain itu, karena mengandung lemak, protein dan karbohidrat dalam jumlah rendah, buah kedondong juga dapat membantu bagi mereka yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan. Hanya saja, jika ingin mengkonsumsi buah kedondong untuk diet, pilihlah yang belum matang benar karena kandungan buah kedondong yang belum matang benar ini sangat tinggi serat dan air. Sementara buah kedondong yang matang kandungan sukrosanya tinggi sehingga menambah jumlah kalori di dalamnya.

6. Mengatasi Anemia

Bagi anda yang mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah dianjurkan untuk mengkonsumsi kedondong, dengan mengkonsumsi 100 gr anda sudah mengasup 30 mg zat besi, dapat membantu proses pembentukan sel darah merah.

7. Mencegah penyakit jantung


Sebagaimana yang sudah disebutkan di atas, kedondong mengandung kalsium, seperti ayng ktia ketahui, kalsium sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. 

8. Kesehatan mata

Adanya kandungan vitamin A pada buah kedondong sehingga berperan penting dalam kesehatan indera penglihatan manusia. Vitamin ini membantu menyalurkan objek yang diterima oleh retina mata ke otak sebagai sebuah gambar. Senyawa yang berperan dalam hal ini adalah retinol.

9. Menambah daya tahan tubuh

Dengan adanya kandungan zat gizi yang terkandung dalam buah kedondong berupa unsur gula dalam bentuk sukrosa tentunya sangat penting sebagai vitalitas dan daya tahan tubuh.

10. Sebagai antioksidan

Berkat kandungan Vitamin A sehingga buah kedondong ini dapat berfungsi sebagai antioksidan. Selain vitamin A, buah kedondong juga mengandung vitamin C. Tentu saja kedua jenis vitamin ini sangat berperan aktif sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Baik radikal bebas yang berasal dari oksidasi tubuh mupun polusi dari luar. 

11. Penyembuhan luka

Dengan adanya kandungan Vitamin A, sehingga dapat membantu untuk menjaga kesehatan jaringan di dalam tubuh kita. Karenanya buah kedondong ini dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

12. Mengatasi anemia

Kandungan zat besi dalam 100 gram buah kedondong mencapai 30 miligram, dapat membantu proses pembentukan sel darah merah. Selain zat besi, rupanya buah kedondong juga mengandung vitamin B1 yang dapat membantu produksi sel darah merah dan meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh dan mencegah anemia.

13. Mencegah penuaan dini


Tak hanya buah kiwi dan mangga saja yang mengandung vitamin C, sebab kedondong juga memiliki kandungan yang sama. Kandungan vitamin C dapat melindungi molekul penting, seperti protein, lipid (lemak), karbohidrat, dan asam nukleat (DNA dan RNA) dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas, racun, ataupun polusi. Radikal bebas merupakan salah satu faktor penyebab penuaan dini. 

14. Mengendalikan kadar kolesterol

Selain sebagai anti penuaan, vitamin C yang terdapat pada buah kedondong juga membantu metabolisme kolesterol menjadi asam empedu, yang mungkin memiliki implikasi untuk tingkat kolesterol darah dan timbulnya batu empedu. Sehingga buah kedondong ini bermanfaat untuk mengendalikan kadar kolesterol Anda.

15. Pemulihan tubuh

Ini tentu tak terlepas dari kandungan vitamin C pada buah kedondong sehingga dapat membantu untuk menjaga kekebalan tubuh dan membantu olahragawan dalam proses pemulihan tubuhnya setelah melakukan latihan yang berat.

16. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Ini dikarenakan adanya kandungan fosfor yang terdapat pada buah kedondong sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Manfaat dan Khasiat Buah Kedondong Bagi Kecantikan

1. Kecantikan Kulit Wajah dan Tubuh

Kaya akan kandungan vitamin C yaitu 30-50 mg dalam 100 gram buah kedondong sehingga rajin mengkonsumsi buahnya dapat membantu proses regenerasi kulit dengan cara meningkatkan produksi kolagen yang berperan penting dalam elastisitas kulit. Selain itu, vitamin C juga bersifat antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas.

Bagaimana bro dan sist? Sangat banyak sekali ya manfaatnya. Ternyata kita tidak boleh meremehkan buah yang murah meriah bahkan tidak dijual dan bisa kita dapatkan secara cuma-cuma ini ya. Itulah beberapa 17 Manfaat dan Khasiat Buah Kedondong Bagi Kesehatan dan Kecantikan yang bisa kita dapatkan jika kita mengkonsumsi buah yang satu ini. Semoga bermanfaat. Baca juga 22 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui.