21 Manfaat Buah Kelengkeng bagi Kesehatan Tubuh

Anda suka makan kelengkeng? Kelengkeng memiliki banyak nama lain, ada yang menyebutnya mata kucing, atau badaro. Apapun namanya buah ini memiliki khasiat bagi kesehatan kita. Sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara teratur. Kelengkeng bisa kita jadikan sebagai minuman segar atau kita konsumsi langsung saat santai. 

Kenapa kelengkeng bisa kaya dengan khasiat bagi kesehatan? Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Ada beberapa nutrisi yang sangat penting yang terdapat pada buah yang kecil bulat seperti kelereng ini, seperti: vitamin A, vitamin B, B1, B2, B3, vitamin C, kalsium, zat besi, mangan, fosfor, kalium, seng, magnesium dan juga asam tartik selain itu terdapat senyawa lainnya yaitu fitokimia dan senyawa lainnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Sangat banyak sekali bukan? Makanya selalu stok buah ini di rumah anda. Oke langsung saja, kita bahas apa saja manfaat kelengkeng bagi kesehatan anda.

Khasiat Buah Kelengkeng

21 Manfaat Buah Kelengkeng bagi Kesehatan Tubuh

1. Anti-depresan

Kelengkeng memberikan efek menenangkan, meningkatkan fungsi syaraf, mengatasi iritasi dan mengurangi rasa lelah. Kelengkeng juga dapat mengobati insomnia dan  penyakit kelainan tidur lainnya.

2. Membantu kerja jantung dan limpa

Dengan mengurangi stres dan kelelahan, kelengkengkeng memperingan kerja jantung dan limpa. Kelengkeng juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler dan stroke.

3. Mempercepat penyembuhan dan memperpanjang harapan hidup

Bersama dengan polifenol, kelengkeng dapat memerangi radikal bebas dalam tubuh dan mencegah kerusakan sel.  Kelengkeng juga bisa mengurangi risiko terserang beberapa tipe kanker.

4. Melancarkan sirkulasi darah

Ini mengapa kelengkeng bisa dimanfaatkan untuk mencegah anemia. Selain itu, kelengkeng terbukti mampu mengendalikan kadar zat besi dalam tubuh.

5. Diet

Kelengkeng memiliki kadar lemak dan kalori yang sangat rendah. Setengah mangkuk kelengkeng hanya mengandung 35 kalori, pilihan yang tepat untuk diet.

6. Sumber energi

Meskipun memiliki lemak dan kalori yang rendah, kelengkeng mengandung karbohidrat kompleks yang dapat memasok energi dan meningkatkan stamina.

7. Mencegah Demam dan Flu 

Banyak sekali kegunaan Vitamin C untuk menusia, termasuk meningkatkan ketahanan dan juga melindungi tubuh dari demam dan flu.

8. Kesehatan kulit

Kelengkeng bagus untuk kulit karena mengandung material ­anti-aging. Utamanya, kelengkeng mencegah kerutan kulit di dekat mata, meminimalisir kerusakan dan pengelupasan kulit serta mencerahkan warna kulit.

9. Biji kelengkeng dapat mengobati gigitan ular

Mengurut daerah yang digigit oleh ular dengan biji kelengkeng dapat menghisap racun sekaligus menyembuhkan lukanya.

10. Biji Kelengkeng menjaga kesehatan rambut

Zat saponin yang dikandung biji kelengkeng adalah bahan dasar sampo yang dapat membuat rambut menjadi indah.

11. Mengatasi nafsu makan hilang, limpah lemah dan diare

Makanlah 60 gram buah lengkeng segar, lakukan dua kali sehari pada pagi dan malam.

12. Luka bakar

Ambil sedikit kulit atau cangkang lengkeng, bakar sampai menjadi arang. Tumbuk halus dan campurkan dengan  minyak tung (Aleuritis fordii). Bubuhkan pada bagian yg terbakar.

13. Luka luar yang tak kunjung sembuh

Ambil sedikit kulit atau cangkang lengkeng, bakar sampai menjadi arang. Tumbuk halus dan campurkan dengan  minyak zaitun. Oleskan di daerah yang luka.

14. Mengatasi Jari kaki gatal dan bernanah

Ambil beberapa biji lengkeng, panggang di atas api. Tumbuk sampai halus, sebarkan di bagian yang sakit.

15. Amnesia, Penurunan Mental, Kecemasan (anxiety)

“Tonik lengkeng” (gui yan gao): 500 gram buah lengkeng segar dan 500 gram gula pasir, didihkan dalam airhingga menjadi kental. Diminum tiap hari satu sendok.
Badan lemah atau memperbaiki barat badan setelah sakit
Konsumsi 250 gram buah lengkeng segar setiap hari.

16. Lemah dan kurang tenaga saat hamil

Minumlah setiap hari satu sendok “tonik lengkeng” pada pagi dan malam hari.

17. Menyehatkan Usus

Buah lengkeng berguna pula menyehatkan usus dan memperbaiki proses penyerapan makanan, 

18. Melancarkan Berbagai Penyakit


melancarkan buang air kecil, mengatasi cacingan, mengobati sakit kepala, keputihan dan hernia. 

19. Peluruh Kencing dan Sirkulasi Darah

Sedangkan akar pohon lengkeng berkhasiat sebagai peluruh kencing dan melancarkan sirkulasi darah. 

20. Antiradang dan Peredam Demam

Daun dari pohon lengkeng berkhasiat sebagai antiradang dan peredam demam. 

21. Menghilangkan Rasa Sakit dan Menghentikan Pendarahan

Adapun bijinya berguna untuk menghilangkan rasa sakit dan menghentikan pendarahan. 

Bagaimana? Sangat banyak sekali bukan manfaat buah kelengkeng bagi kesehatan yang bisa anda peroleh. Rajin-rajin mengkonsumsi buah yang satu ini ya. Baca juga 31 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan dan kecantikan.