31 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan dan kecantikan yang sangat luar biasa


31 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan dan kecantikan | Alpukat atau pokat atau avocado adalah salah satu buah yang cukup populer dikalangan masyarakat kita. Buah ini biasanya diolah dalam bentuk jus. Rasanya yang nikmat dan kandungan nutrisi yang cukup tinggi membuat buah ini disukai dan diminati. 

Selain untuk kesehatan, buha ini juga sangat baik untuk dijadikan sebagai bahan kecantikan tubuh. Ada bisa melakukan perawatan kecantikan dengan alpukat. Tahukah anda? Ada sejuta manfaat buah alpukat bagi kesehatan dan kecantikan. Setidaknya ada 14 mineral dan 11 vitamin pada pokat atau avocado. 

Selain dua jenis nutrisi tersebut, alpukat juga mengandung protein, riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), potasium (kalium), asam lemak omega-3 , dan vitamin C. Tidak hanya disitu, daun dan juga biji alpukat bisa dijadikan anek obat tradisional, namun kita tidak akan bahas itu untuk saat ini. Kita hanya fokus pada pembahasan mengenai 31 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan dan kecantikan



manfaat buah alpukat

Apa saja? Simak satu persatu berikut ini:

1. Mencegah Kanker Prostat

Manfaat buah alpukat yang pertama adalah untuk mencegah kanker prostat, alpukat mampu mencegah dan menekan pertumbuahn kanker prostat. 

2. Mencegah Kanker Mulut

Selain itu, manfaat buah alpukat yang sangat luat biasa lagi adalah dapat mencegah kanker mulut. Penelitian telah menunjukkan bahwa zat tertentu pada apokat dapat menemukan dan mematikan sel penyebab kanker mulut tanpa melukai sel yang sehat.

3. Pencegahan Kanker Payudara

Pokat atau alpukat juga bermanfaat untuk mencegah kanker payudara. Apokat seperti halnya minyak olive mengandung banyak asam oleat yang dapat mencegah kanker payudara pada banyak studi.

4. Kesehatan Mata

Apokat mempunyai lebih banyak kandungan karotenoid daripada buah-buah yang biasa dikonsumsi lainnya. Zat ini melindungi terhadap penurunan penglihatan serta katarak, dua penyakit mata yang disebabkan oleh usia.

5. Menurunkan Kolesterol

Apokat banyak mengandung beta-sitosterol, sebuah zat yang terbukti dapat menurunkan tingkat kolesterol darah. Pada sebuah studi yang terdiri dari 45 sukarelawan mengalami penurunan kolesterol hingga 17% setelah mengkonsumsi apokat banyak selama satu minggu.

6. Kesehatan Jantung

Satu cangkir apokat mengandung 23% dari nilai asupan asam folate yang dianjurkan. Beberapa studi menunjukkan bahwa orang yang makan banyak folat mempunyai resiko terkena penyakit jantung yang lebih rendah daripada yang tidak. Vitamin E, lemak tidak jenuh dan glutathione pada apokat juga sangat baik untuk jantung Anda.

7. Pencegahan Stroke

Kandungan folate yang tinggi pada apokat juga mencegah stroke. Orang yang makan banyak folat mempunyai resiko terkena stroke yang lebih rendah daripada yang tidak.

8. Penyerapan Gizi yang Lebih Baik

Penelitian menemukan bahwa beberapa jenis gizi dapat diserap dengan lebih baik apabila dikonsumsi bersama apokat. Pada sebuah studi, ketika para peserta mengkonsumsi salad yang mengandung apokat, mereka dapat menyerap lima kali jumlah karoten (sekelompok gizi termasuk lycopene dan beta karoten) daripada mereka yang tidak mencampurnya dengan apokat.

9. Sumber Glutathione

Apokat adalah sumber yang baik dari glutathione, sebuah anti oksidan penting yang oleh para peneliti diketahui dapat mencegah penuaan, kanker dan serangan jantung.

10. Sumber Vitamin E

Apokat adalah buah yang merupakan sumber dari vitamin E, vitamin utama yang melindungi dari banyak penyakit dan membantu menjaga kesehatan kita secara keseluruhan.

11. Tekanan darah

Buah alpukat diketahui bisa membantu menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Hal ini karena adanya zat potasium yang terdapat dalam alpukat.

12. Mengontrol gula darah

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal (mono-saturated fat) yang membantu mengatasi resistensi insulin. Dengan begitu, kandungan ini juga membantu tubuh untuk mengontrol tingkat gula dalam darah.

13. Melindungi dari kanker

Penelitian yang dilakukan pada hewan dengan memberi mereka makan ekstrak alpukat menunjukkan bahwa alpukat juga bisa membantu mencegah kanker kulit, kanker prostat, dan kanker mulut. Meski begitu, penelitian lanjutan pada manusia masih belum dilakukan dan masih terbatas.

14. Mencegah peradangan

Penelitian juga menunjukkan bahwa selain nikmat, alpukat juga memiliki nutrisi yang bisa membantu mencegah peradangan. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mencegah risiko penyakit yang berkaitan dengan munculnya peradangan pada tubuh.

15. Meningkatkan berat badan

Mengonsumsi alpukat adalah cara yang sehat untuk meningkatkan berat badan. Alpukat mengandung kalori yang cukup dan banyak nutrisi untuk membantu menaikkan berat badan. Jika Anda terlalu kurus dan butuh meningkatkan berat badan, alpukat bisa jadi salah satu sahabat Anda.

16. Menyehatkan kulit dan rambut

MInyak alpukat seringkali digunakan dalam kosmetik untuk melembapkan kulit dan membuatnya bercahaya. Selain itu, alpukat juga mengandung bahan yang bisa membuat rambut sehat dan indah. Vitamin E yang terdapat dalam buah alpukat akan melindungi kulit dari radiasi berbahaya sinar matahari.

17. Menangkal radikal bebas

18. Penyembuh Sakit Maag

 19. Kecantikan Kulit dan Wajah

20. Mencegah Penyakit Spina Bifida

21. Mencegah Penuanaan Dini 

22. Mengurangi Keripu

Antioksidan dan asam amino yang terkandung dalam alpukat juga dapat membantu untuk membuang racun yang Mengakibatkan penuaan dini dan kerutan pada kulit.

23. Membersihkan kulit

 Kaya vitamin A, alpukat membantu untuk mengangkat sel kulit mati dari tubuh Anda. Minyak buah ini dapat dengan Mudah diserap oleh kulit dan cocok dijadikan lotion untuk memijat. Minyaknya dapat meresap jauh ke dalam dan mampu memberi nutrisi pada Lapisan kulit. Pada gilirannya, ini membantu merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan meningkatkan sirkulasi darah pada kulit Anda.

24. Pelembab kulit

Alpukat juga bisa melembabkan kulit super kering. Campur 1 buah alpukat, satu telur, 2 sendok teh oatmeal, dan satu Sendok teh lemon juice. Tempelkan ke wajah dan kemudian biarkan selama 15-20 menit, kemudian bershikan dengan air hangat. Lakukan hal Ini 2 kali seminggu dan Anda akan mendapatkan kulit yang indah.

25. Mengobati Sariawan

Ambil satu buah alpukat yang sudah masak, keruk daging buahnya kemudian diberi 2 sendok makan madu murni, diaduk merata lalu dimakan. Lakukan setiap hari sampai sembuh. Ini merupakan cara yang enak untuk mengobati sariawan. 

26. Mengatasi kulit wajah kering

Daging buah alpukat yang sudah matang dilumatkan sampai seperti bubur. Kemudian, adonan tersebut digunakan untuk masker, dengan cara mengoleskannya pada muka yang kering. Biarkan kurang lebih 2 jam, kemudian bilas wajah dengan air dingin. 

27. Sakit gigi berlubang

Ambil satu biji akpukat, kemudian ditumbuk hingga halus. Gunakan sedikit bubuk biji alpukat tersebut dan masukkan ke dalam gigi yang berlubang. Atau bisa juga menggunakan kapas dan dicocokkan ke dalam gigi yang berlubang. 

28. Bengkak karena Peradangan 

Biji buah alpukat dikeringkan, kemudian ditumbuk hingga halus. Ambil bubuk dari biji alpukat secukupnya, kemudian ditambah sedikit air sampai menjadi adonan seperti bubur. Balurkan adonan tersebut ke bagian tubuh yang sakit. 

29. Kencing manis

Biji dipanggang di atas api lalu dipotong kecil-kecil dengan golok, kemudian direbus dengan air bersih sampai airnya menjadi coklat. Saring, minum airnya setelah dingin. 

30. Rambut Berkilau

Haluskan sebuah alpukat matang, kemudian campur dengan yoghurt, sebutir telur, setengah sendok teh minyak rosemary dan satu sendok teh minyak jojoba. Kemudian jadikan masker untuk rambut anda. Biarkan lebih kurang 20-30 menit, kemudian bilas dengan shampoo.
  • Alpukat yang sudah dikupas lalu dihancurkan.
  • Kemudian siapkan santan secukupnya.
  • Cara pemakaiannya dengan mencampurkan alpukat dan santan secara rata hingga teksturnya mengental seperti shampo.
  • Kemudian bubuhkan sedikit demi sedikit ke atas rambut anda dengan melakukan seperti menyisir agar merata ke seluruh rambut.
  • Biarkan selama 10-15 menit, kemudian bilaslah hingga bersih.
  • Manfaat Alpukat untuk membuat rambut berkilau, lembut dan bercahaya.
  • Ambil 1 buah daging alpukat.
  • Haluskan kemudian tambahkan 1 buah kuning telur dan setengah sendok teh minyak zaitun, aduk hingga rata.
  • Oleskan pada rambut sambil dipijat halus.
  • Diamkan selama 25 menit kemudian bilas dengan shampoo dan kondisioner sampai bersih

31. Untuk Ibu Hamil

Bagi anita hamil keadaan kulitnya menjadi sensitif karena perubahan Hormon. Zat anti aging yang terkandung dalam krim kecantikan dengan harga mahal ternyata juga terkandung dalam buah alpukat untuk mencegah Penuaan dini. Buah alpukat mengandung berbagai zat dan vitamin yang dibutuhkan kulit dalam pembentukkan jaringan kolagen, selain itu Buah alpukat juga mengandung nutrisi zat besi, kalsium, phospor, zodium, potasium, vitamin A, dan C, dan juga vitamin B kompleks, dan E.

Selain bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut buah alpukat juga berguna untuk mencegah penyakit Spina Bifida pada janin yang Dikandung. Spina Bifida adalah keluarnya jaringan sumsum tulang belakang dari punggung. Resiko tersebut akan dihambat oleh Asam Folat Yang terkandung dalam buah alpukat.

Asam folat adalah nutrisi yang penting dikonsumsi untuk ibu hamil agar calon buah hati terhindar dari cacat otak dan kerusakan sumsum Tulang belakang. Ternyata buah alpukat banyak ya manfaatnya bagi ibu yang sedang menjalani masa kehamilan.

Bagaimana? Sangat banyak sekali bukan manfaat alpukat. Demikianlah uraian mengenai 31 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan dan kecantikan dari kami. Semoga bermanfaat bagi anda dan keluarga anda. Baca juga 24 Manfaat dan Khasiat Buah Naga Bagi Kesehatan dan Kecantikan.
loading...