16 Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Buah Duku - Tahukah anda bahwa buah yang ada saat musimnya saja ini banyak mengandung nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan. Bahkan duku juga sudah sejak lama digunakan sebagai obat cacingan yang terbukti ampuh.

Selain itu, duku juga dapat menurunkan demam dan mengurangi diare. Hmm, dahsyat juga ya. Itu hanya sedikit gambaran mengenai manfaat buah duku bagi kesehtan yang bisa kita peroleh. Masih sangat banyak lagi khasiat lainnya. Apa saja? Mari simak berikut ini.

Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Duku

 

1. Memperlancar Sistem Pencernaan

Manfaat buah duku yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan kita, dengan mengkonsumsi buah duku maka sistem pencernaan kita akan lancar, hal ini dikarenakan kandungan dietary fiber atau serat yang tinggi, sehingga bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. Untuk kandungan kalori, mineral dan zat besi duku setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel atau jeruk manis.

2. Sebagai Obat Cacingan

Manfaat buah duku yang kedua adalah untuk mengatasi cacingan. Cacingan sangat sering menyerang anak-anak, karena saat masih kecil biasanya mereka tidak paham dengan makanan higenis atau bersih, bahkan makanan yang sudah jatuh masih saja tetap dimakan. Nah, untuk mengatasinya anda bisa menggunakan biji duku untuk membasmi cacing jahat. Bagaimana caranya?
Caranya : ambil biji buah duku, kemudian tumbuk sampai halus kemudian dicampur dengan sedikit air. Minum secukupnya sesuai kebutuhan. setelah itu kita minum, satu kali sehari, sekali minun seperempat gelas.

3. Menurunkan Demam Panas

Selain cacingan, anak-anak juga sering mengalami demam panas, nah biji buah duku juga bisa anda manfaatkan untuk menurunkan panas demam, caranya pertama tumbuk biji duku sampai halus, lalu tambahkan sedikit air. Minum secukupnya sesuai kebutuhan. setelah itu kita minum, satu kali sehari, sekali minun seperempat gelas.

4. Mengurangi Diare

Biji buah duku juga bisa anda manfaatkan untuk menghentikan diare yang anda alami, caranya sama dengan mengatasi cacingan d atas.

5. Menguatkan gigi

Khasiat buah duku untuk gigi juga sangat luar biasa. Kandungan fosfor pada buah duku dapat menguatkan gigi kita.

6. Mengusir Nyamuk

Selain biji duku, kulit duku ternyata bisa kita manfaatkan untuk mengusir nyamuk, caranya keringkan kulit duku kemudian kita bakar.

7. Mengobati Gatal Kulit

Jika kulit anda gatal-gatal, anda bisa memanfaatkan kulit duku untuk menghilangkannya, caranya hanya dengan menggosokkan kulit duku ke bagian kulit yang mengalami gatal-gatal.

8. Mengendalikan Kolesterol dalam Darah

Jika anda memiliki kadar kolsterol yang tinggi, maka buah duku bermanfaat untuk mengendalikannya. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C di dalamnya yang berguna untuk mengendalikan kolesterol dalam darah. Vitamin C tersebut membantu metabolime kolesterol menjadi asam empedu. Bagi penderita kolesterol, hal ini dapat dibantu dengan sering mengkonsumsi buah duku.

9. Menurunkan Berat Badan

Ini dia salah satu manfaat buah duku untuk diet yang bisa anda dapatkan. Buah duku membantu untuk mendapat carnitine. Carnitine yang didapatkan buah duku akan mengarahkan molekul lemak ke jaringan pembakar lemak. Jika seseorang mengalami kekurangan molekul lemak selama proses metabolieme maka orang tersebut akan merasa kelelahan dan lemas, hal tersebut karena terjadi penurunan energi. Oleh karena itu, jika kadar carnitine dalam tubuh menurun maka akan terjadi penimbunan lemak.

10. Menjaga Kesehatan Gusi

Selain baik untuk kesehatan gigi, buah duku juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gusi kita. Kandungan vitamin C yang banyak dalam buah duku berkhasiat untuk menjaga kesehatan gusi. Bagian dalam mulut ini memang rawan terkena berbagai macam masalah seperti gusi berdarah, sariawan dan iritasi. Sangatlah tepat bila Anda mengkonsumsi buah duku ini untuk mencegah masalah kesehatan gusi.

11. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin C pada buah duku berperan menangkal radikal bebas, dengan demikian kita akan terhindar dari penuaan dini.

12. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah duku juga berperan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang berkhasiat untuk meningatkan kekebalan tubuh serta untuk orang yang sedang dalam masa pemulihan.

13. Kaya Antioksidan

Buah ini merupakan salah satu buah yang kaya antioksidan. Buah Duku mengandung vitamin C yang berperan sebagai sumber antioksidan. Antioksidan sendiri merupakan sebuah nutrisi yang berfungsi menghindari tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Kerusakan tersebut biasanya dihasilkan dari proses pencernaan merubah makanan menjadi sumber energi. Manfaat buah duku yang satu ini juga untuk menghindarkan tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh polusi atau zat beracun.

14. Menghilangkan Jerawat

Ini salah satu manfaat buah duku yang sangat luar biasa, yaitu menghilangkan jerawat, hal ini dikarenakan buah, biji, ataupun kulit duku menurut para ahli herbalis mengandung senyawa yang bersifat sebagai antibakterial. Senyawa inilah yang mampu mengatasi jerawat akibat dari kuman ataupun bakteri pada bagian pori-pori kulit.Dengan menggunakan masker buah duku secara rutin, maka wajah Anda secara bertahap akan terbebas dari masalah jerawat.

15. Menjaga Kelembaban Alami Rambut 

Buah duku juga bermanfaat untuk menjaga kelembaban rambut. Untuk merawat kecantikan rambut, Anda dapat menggunakan hair mask dari buah duku.Dengan kandungan proteinnya yang cukup tinggi, buah duku berkhasiat untuk menjaga kelembaban kulit kepala, mencegah kerontokan, dan bahkan menutrisi kulit kepala dari dalam.

16. Menjaga Kecantikan Kuku

Khasiat buah duku bagi kecantikan terakhir terkait pada kuku. Beberapa wanita mengaku setelah mengoleskan air buah duku, kuku mereka nampak lebih jernih dan berkilau secara alami.Nah bagi Anda yang ingin merawat kuku secara alami, silahkan gunakan buah duku sebagai bahan perawatan kuku tersebut. baik untuk kuku tangan ataupun kuku pada bagian kaki Anda.

Itulah 16 Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan yang bisa kita peroleh. Semoga bermanfaat. Baca juga 12 Manfaat Buah Bit bagi Kesehatan.