19 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan dan Kecantikan, Mengobati Diabetes sampai Menurunkan Berat badan

Manfaat Buah Pare - Anda suka makan pare? Pare biasanya dijadikan sebagai sayur untuk masak. Syaur yang satu ini merupakan salah satu buah yang cukup kontroversial. Rasanya yang pahit namun segar juga kerap dijadikan sebagai jus, karena dipercaya mengandung banyak khasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Benarkah demikian?

Sebelum kita bahas kira-kira apa saja manfaat pare bagi kesehatan dan kandungan nutrisinya, ada baiknya kita kenalan dengan buat yang satu ini. Pare berasal dari Wilayah Asia Tropis terutama di daerah India Barat yakni Assam dan Burma. Dengan nama Latin Momordica, buah ini mampu menghambat dan menekan pertumbuhan sel kanker. Wow, sangat luar biasa sekali bukan?

5 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Ilustrasi Buah Pare
Nah, anda pasti penasaran ya dengan manfaat dan khasiat yang lainnya. Nah, berikut ini beberapa nutrisi buah pare. Setiap 100 g buah pare mengandung energi 34 kkal, protein 1.1 g, lemak 0.3 g, karbohidrat 6.8 g, kalsium 45 mg, fosfor 64 mg, besi 1.4 g, retinol 54 mcg, thiamine 0.08 mg, dan asam askorbat 52 mg.

Manfaat Buah Pare

Ada banyak sekali manfaat buah pare untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa kita dapatkan, berikut ini diantaranya:

1. Manfaat Buah Pare Untuk Menekan Pertumbuhan Sel Kanker

Manfaat buah pare untuk kesehatan yang pertama dalah dapat menekan pertumbuhan sel kanker. Hal ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan di Pusat kanker university of colorado. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa buah pare dapat digunakan untuk menghambat pertumbuhan kanker pankreas.

Dengan mengkonsumsi pare, maka metabolisme glukosa di dalam tubuh kita menjadi sangat baik dan ini sangat dibutuhkan oleh sel kanker. Bagi anda yang menderita diabetes, hal ini bisa saja berkembang menjadi kanker pankreas. 

2. Manfaat Buah Pare Untuk Mempercantik Kulit

Manfaat buah pare yang kedua adalah dapat mempercantik kulit. Ini tentu menjadi kabar gembira bagi kaum hawa yang ingin memiliki kulit cantik dan bersih. Untuk mencegah dan mengatasi masalah pada wajah anda dapat menggunakan masker buah pare secara teratur. Masker pare akan membantu mengembalikan kesehatan wajah yang rusak akibat paparan sinar ultraviolet. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa mengakses Tip Kecantikan Perempuan, Perawatan Rambut, Wajah, Kulit.

3. Khasiat Buah Pare Untuk Membantu Pengobatan Diabetes

Manfaat buah pare yang selanjutnya adalah untuk mengatasi diabetes. Anda sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pare. Buah pare dapat menutunkan gula darah bila berlebihan. Dan perlu anda ketahui bahwa buah pare ini tidak mengandung senyawa berbahaya bila dikonsumsi jangka panjang sehingga bisa mengimbangi obat-obatan kimia yang tentunya akan menimbulkan efek samping bila dikonsumsi terus-menerus.

4. Khasiat Buah Pare Untuk Membantu proses penurunan berat badan

Ini menjadi salah satu berita gembira untuk anda yang sedang menjalankan program diet. Kandungan kalori yang rendah pada pare dapat menjadi salah satu menu bagi Anda yang sedang menjalani diet obesitas. 

5. Khasiat Buah Pare Untuk Melegakan pernapasan

Buah pare juga bermanfaat untuk melegakan pernafasan.

6. Manfaat Buah Pare untukMencegah Penuaan Dini

Pare mengandung vitamin C, yang merupakan antioksidan alami. Antioksidan akan memerangi dan menghilangkan radikal bebas berbahaya. Antioksidan membantu untuk mencegah keriput dengan memperlambat proses penuaan. Hal tersebut juga melindungi kulit dari kerusakan oleh sinar ultraviolet matahari.

7. Manfaat Buah Pare untuk Memperindah Rambut

Untuk memberikan kilau alami  rambut, campur secangkir jus segar pare dengan yogurt dan oleskan pada rambut. Cuci rambut setelah beberapa lama, untuk membuat rambut berkilau dan indah.

8. Manfaat Buah Pare untuk Mengatasi Kulit Kepala Gatal dan Kering

Untuk memerangi rambut kering dan kulit kepala gatal, gosok sepotong pare di atas kulit kepala dan pijat dengan gerakan melingkar, kemudian bilas dengan air jernih. Untuk mengurangi rasa gatal, lakukan perawatan rambut dengan campuran pare dengan manfaat alpukat atau manfaat pisang sebagai masker rambut dan terapkan pada kulit kepala. Lakukan hal ini setidaknya sekali seminggu untuk menyingkirkan gatal pada kulit kepala. 

9. Manfaat Buah Pare untuk Mengatasi Rambut Berminyak

Peningkatan asupan makanan yang berminyak dapat menyebabkan akumulasi minyak berlebih pada rambut. Jika memiliki rambut berminyak, terlebih dahulu harus membatasi konsumsi makanan berminyak. Terapkan campuran jus pare dan manfaat cuka apel untuk menghilangkan kelebihan minyak pada rambut.

10. Manfaat Buah Pare untuk Mengatasi Rambut Kusut dan Kasar

Memiliki rambut yang kasar dan kusut akan sangat sulit di atur, namun jus pare dapat membantu masalah ini. Secangkir jus pare dapat diterapkan pada rambut selama 10 sampai 15 menit, kemudian bilas rambut. Hal ini akan membantu memperbaiki tekstur rambut, membuatnya lembut dan mengkilap.

11.  Manfaat Buah Pare untuk Mengatasi Ketombe

Ketombe adalah masalah umum dan sebagian besar disebabkan karena konsumsi makanan yang tidak sehat dan paparan polusi. Untuk menangkal ketombe, dapat mencoba perawatan rambut dengan campuran pare dan biji jintan. Lakukan perawatan rambut ini selama 1 bulan, untuk menyingkirkan ketombe.

12.  Manfaat untuk menyehatkan Pencernaan

Serat - Pare dapat merangsang pencernaan yang mudah dan gerakan peristaltik pada makanan melalui usus sampai diekskresikan dalam tubuh. Dengan demikian, hal ini akan membantu dalam mengurangi gangguan pencernaan dan masalah sembelit.

13. Manfaat buah Pare untuk Ibu Hamil

Folat – Pare segar merupakan sumber folat yang sangat baik sekitar 72 mg / 100 g (18% dari RDA). Folat, ketika dikonsumsi oleh ibu selama waktu awal kehamilan akan membantu mengurangi timbulnya cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir.

14. Manfaat Buah Pare untuk Melancarkan ASI

Masyarakat tradisional Indonesia sudah lama mengenal pare sebagai sayuran berkhasiat bagi ibu menyusui karena dapat meningkatkan produksi ASI. Selain itu, sayuran ini juga dapat membuat ASI menjadi lebih kental sehingga bayi menjadi cepat kenyang.

15. Manfaat Buah Pare untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat lainnya dari buah pare adalah dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini memungkinkan kita untuk dapat menurunkan berat badan lebih cepat.

16. Manfaat Buah Pare untuk Membuang Racun dan Menyehatkan Liver

Pare tidak hanya mampu mengikis lemak dalam tubuh tai juga mampu mengeluarkan racun. Lemak dan racun dalam liver dibuang sehingga liver menjadi lebih sehat dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

17. Manfaat Buah Pare untuk Membersihkan darah

Rasa pahit dalam buah pare dihasilkan oleh senyawa yang disebut cucurbitacins. Konsumsi jus pare dapat membantu membersihkan darah, mengobati gatal-gatal akibat darah kotor. Agar khasiatnya lebih terasa, konsumsi jus pare secara rutin pada pagi hari dalam keadaan perut kosong.

18. Manfaat Buah Pare untuk Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker Pankreas

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Colorado, di Amerika Serikat, ditemukan bahwa ekstrak pare dapat membantu pankreas memblokir proses glukosa menjadi energi. Ini sangat penting mengingat sel kanker membutuhkan energi untuk berkembang.

19. Manfaat Buah Pare untuk Mengobati asma

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Massachusetts diketahui bahwa konsumsi makanan pahit seperti pare dapat merangsang indera pengecap yang berada di saluran pernapasan. Hal tersebut membuat saluran pernapasan menjadi lebih lebar sehingga aliran udara menjadi lebih baik. Maka dari itu, konsumsi pare sangat penting bagi penderita asma.

Anda bisa mengkonsumsi pare dengan cara membuatnya sebagai jus pare. Minum jus pare setiap hari pada pagi atau malam hari. Untuk menambah rasa dan khasiatnya, jus pare bisa dicampur dengan jus melon.
Selain beberapa manfaat pare diatas, masih ada satu lagi manfaat yang sangat luar biasa. Ternyata pare dapat membangkitkan sel-sel pengecap pada saluran pernapasan untuk bergerak lebih lebar. Artinya, saluran pernapasan menjadi lebih longgar dan sirkulasi udara terjadi dengan lancar.

Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan? Itulah 19 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan dan Kecantikan yang bisa anda peroleh, semoga bermanfaat. Baca juga Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya.