15 Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya

Manfaat Buah Salak - Salak, pasti sudah sangat tidak asing lagi bagi kita. Tapi, tahukah anda, ternyata buah yang batangnya mirip batang sawit ini memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan kita. Dengan nama Latin Salacca zalacca, dan kulit kecoklatan bersisik tajam, ternyata dagingnya yang putih ini mengandung nutrisi yang cukup tinggi. Apa saja kira-kira nutrisi buah salak ya?

Kandungan Nutrisi Buah Salak

Kandungan Gizi Buah Salak
Melayani Ukuran 100 gr (100 g)


Jumlah per Porsi
Kalori 82dari Lemak 3.60

% Nilai harian*
Total Lemak 0.40 g0.6 %
  Lemak Jenuh 0.100 g0.5 %
Kolesterol 0 mg0.0 %
Sodium 0 mg0.0 %
Total Karbohidrat 21.30 g7.1 %
  Diet Serat 2.7 g10.8 %
Protein 0.20 g0.4 %

  Vitamin C10.0 %
  Vitamin B1 Thiamin1.3 %
  Vitamin B2 Riboflavin0.6 %
  Vitamin B3 Niasin0.5 %
  Vitamin B5 Asam Pantotenat acid0.6 %
  Vitamin B62.5 %
  Kalsium0.7 %
  Besi1.1 %
  Kalium3.3 %
  Fosfor0.7 %
  Magnesium1.3 %
  Tembaga2.0 %
  Mangan2.5 %
  C Sistein0.6 %
  F Fenilalanin0.6 %
  I Isoleusin0.6 %
  K Lisin0.6 %
  L Leusin0.4 %
  M Metionin0.4 %
  T Treonin0.7 %
  Tirosin0.5 %
  V Valin0.5 %
  W Triptofan0.7 %
* Nilai Persen harian berdasarkan diet 2.000 kalori. Nilai harian Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kebutuhan kalori Anda.
Jumlah total lemakKurang dari 65g
Lemak jenuhKurang dari 20g
KolesterolKurang dari 300mg
SodiumKurang dari 2,400mg
Jumlah Karbohidrat300g
Diet Serat25g

Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya


Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

Amazing bukan? Sangat luar biasa sekali manfaat buah salak bagi kesehatan. Namun yang perlu kita ketahui, selain daging buahnya, ternyata kulit ari buah salak juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, berikut ini selengkapnya:

1. Manfaat Buah Salak Untuk Obat Diare 

Ini adalah khasiat salak yang sangat terkenal dan sering dicobakan di rumah. Kandungan serat yang cukup tinggi pada salak dapat mengobati diare. 

2. Khasiat Buah Salak Untuk Kesehatan Mata

Kandungan betakaroten pada salak dapat menjaga kesehatan mata anda. Bahkan kandungannya sampai 5,5 kali lebih besar dari buah mangga dan 5 kali lebih besar dari semangka.

3. Manfaat Buah Salak Untuk Diet

Kandungan fitonutrien pada buah salak sangat bermanfaat untuk anda yang sedang menjalankan program diet. Selain itu terdapat 2mg Vitamin C pada salak.

4. Manfaat Buah Salak untuk Mencegah Kanker

Satu lagi manfaat buah salak yang sangat luar biasa yaitu mampu mencegah kanker. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada pada kulit ari buah salak, jadi kalau mengkonsumsi salak, jangan dibuang kulit arinya.

5. Manfaat Buah Salak untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah salak juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh kita. Kandungan vitamin C pada salak meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus penyakit. 

6. Manfaat Buah Salak untuk Pencernaan

Selama ini yang kita ketahui bahwa jika terlalu banyak mengkonsumsi salak dapat mengakibatkan konstipasi atau susah BAB. Nah, ternyata kulit ari buah salak mengandung serat yang cukup tinggi, jadi kalau makan salak kulit arinya jangan dibuang karena kulit ari buah salak bermanfaat untuk melancarkan dan menyehatkan pencernaan kita.

7. Manfaat Buah Salak untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak

Berdasarkan hasil peneilitian, buah salak mampu meningkatkan kinerja otak dengan membawa kandungan pottasium dan pektin, yang dapat menutrisi beberapa syaraf serta mampu memperlancar dan mengendalikan peredaran darah menuju otak 

8. Manfaat Buah Salak untuk Menjaga Stamina

Kalsium yang terdapat pada buah salak juga bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh kita

9. Manfaat Buah Salak untuk Ibu Hamil

Buah salak juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil, terutama ibu hamil muda yang mengalami morning sickness. Rasa mual yang sering kali dapat diatasi dangan mengkonsumsi salak. Namun jangan pula berlebihan memakannya, harus pula diseimbangi dengan makanan yang kaya protein seperti kacang-kacangan.

10.Manfaat Buah Salak sebagai Agen Antioksidan

Kita tentu tahu bahwa zat antioksidan sangat bermanfaat untuk tubuh kita, antioksidan bermanfaat untuk mencegah berabgai penyakit dan radikal bebas. Selain itu senyawa alami yang ditemukan dalam salak juga berkhasiat untuk mengatasi resiko penyakit jantung dan kanker pada janin maupun ibu hamil.

11. Manfaat Buah Salak untuk Mengatasi Anemia

Buah salak juga bermanfaat untuk mengatasi anemia, hal ini dikarenakan kandungan tiamin dan manfaat zat besi yang sangat baik untuk membantu kesehatan ibu hamil. Zat besi menjadi salah satu pemeran penting dalam memproduksi sel darah merah. Ibu hamil membutuhkan sel darah merah yang lebih tinggi karena digunakan untuk menyumbang oksigen lewat plasenta pada janin. Kekurangan oksigen akan sangat berbahaya pada nyawa janin dan ibu hamil. 

12. Manfaat Buah Salak untuk Mengatasi Gangguan Asam Lambung

Buah salak juga bermanfaat untuk mengatasi gangguan asam lambung, untuk mengatasi hal ini maka ibu hamil bisa makan buah salak. Salak akan mengurangi rasa mual dan membuat pencernaan menjadi normal lagi.

13. Manfaat Buah Salak untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan kalium pada buah salak bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Asupan salak bisa mencukupi jumlah kalium yang dibutuhkan oleh tubuh. 

14. Manfaat Buah Salak untuk Tulang

Buah salak juga mengandung kalsium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, khusus untuk ibu hamil, salak bermanfaat untuk membentuk jaringan kerangka tulang pada janin. Selain itu, kalsium juga dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mempersiapkan tubuh dalam kelahiran. Manfaat salak untuk ibu hamil mengandung kalsium yang membantu menyumbang kecukupan kalsium harian. Selain itu, buah salak juga penting untuk membantu ibu hamil agar memiliki stamina yang sehat dan kuat.

15. Membantu Sistem Memori pada Janin

Manfaat buah salak yang terakhir adalah untuk membentuk kecerdasan dan mempertahankan memori dalam otak. Kandungan pektin dalam buah salak ternyata juga sangat efektif untuk membangun sistem kecerdasan pada janin. Hal ini dikarenakan kandungan pektin pada buah salak. 
Bagaimana? Cukup luar biasa bukan? Itulah ulasan mengenai Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya yang bisa kami bagikan kali ini. Jangan lupa untuk memberitahukan informasi ini ke sebanyak-banykanya orang yang anda kenal. Salam hangat. Baca juga 7 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan yang Harus Anda Ketahui