21 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat Buah Durian - Anda tahu apa manfaat buah durian untuk kesehatan? Memang, masih banyak masyarakat kita yang tidak tahu apa saja manfaatnya. Yang masyarakat kita ketahui biasanya efek tidak baiknya saja. Padahal buah ini juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Siapa sangka ternyata buah musiman ini memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita. Selama ini mungkin orang-orang menganggap bahwa buah ini justru dapat menimbulkan masalah kesehatan ternyata kurang tepat.

Buah yang memiliki duri tajam ini memiliki nama Latin Durio zibethinus, dan dalam bahasa Inggri disebut sebagai King of Fruit mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Buah ini biasanya ada saat bulan Ramadhan tiba, namun juga bisa kita temui di bulan-bulan lainnya. 

Anda tidak perlu ragu lagi mengkonsumsi buah yang memiliki kulit tajam-tajam ini. Karena sudah ada penelitian yang menunjukkan bahwa buah durian memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Nah, kira-kira apa saja manfaat buah durian untuk kesehatan?

Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan

Kali ini Manfaatbuahkesehatan akan berbagi informasi mengenai manfaat buah durian untuk kesehatan. Mari simak berikut ini:
10 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan

  1. Sementara vitamin B kompleks dalam durian memiliki kegunaan bagi kesehatan yang beragam seperti memperbaiki sistem syaraf dan meningkatkan mood.
  2. Kandungan mineral mangan, tembaga, zat besi dan magnesium bermanfaat dalam memproduksi dan pembentukan sel darah merah serta mencegah anemia.
  3. Buah durian segar merupakan sumber kalium yang berguna bagi tubuh. Kalium adalah elektrolit penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung serta tekanan darah.
  4. Bagi anda yang mengalami masalah susah tidur, mengkonsumsi durian dapat menjadi solusinya.
  5. Kandungan asam amino esensia dan tryptophan akan merangsang metabolisme tubuh sehingga lebih mudah untuk tidur (dikenal juga dengan "nature's sleeping pill").
  6. Selain itu, zat tryptophan juga memiliki manfaat untuk mencegah depresi, stress serta mengurangi rasa cemas berlebih secara alami.
  7. Bagi perokok aktif yang ingin berhenti, manfaat buah durian bagi kesehatan dapat dilihat dari kandungan vitamin B6, B12, magnesium serta kalium yang membantu tubuh untuk menghilangkan efek ketagihan nikotin
  8. Seperti halnya buah-buahan tropis lainnya yaitu pisang, alpukat dan nangka, durian kaya akan energi, mineral serta vitamin. Dalam 100 g buah durian segar terdapat 147 kalori.
  9. Daging buah durian tersusun dari gula alami seperti fluktosa serta sukrosa dan saat dimakan dapat menghasilkan energi tubuh secara instan.
  10. Kandungan serat di dalam buah durian bermanfaat untuk melindungi selaput lendir usus serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.
    Khasiat zat anti-oksidan dan vitamin C buah durian berperan penting dalam membantu tubuh mengembangkan daya tahan terhadap infeksi dan radikal bebas berbahaya.
  11. Buah durian juga bermanfaat untuk menyegarkan tubuh kita yang lelah beraktivitas seharian penuh. Manfaat durian untuk tubuh yang sehat didominasi oleh kandungan karbohidrat yang cukup tinggi untuk Anda beraktivitas setiap hari.
  12. Buah durian ternyata juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan dalam vitamin C di dalam buah durian. Kedua kandungan ini dapat membuat membuat kulit Anda terlihat lebih muda. Buah ini juga mencegah penuaan dini yang datang terlalu cepat, sehingga penuaan dini seperti keriput bisa dikurangi sedikit demi sedikit.
  13. Kandungan vitamin B6 di dalam buah durian bermanfaat untuk memberikan efek tenang bagi pikiran kita. Hal ini dikarenakan kandungan Vitamin B6 di dalam durian bermanfaat untuk membentuk senyawa serotonin yang berfungsi mencegah rasa depresi yang berlebihan. Manfaat durian yang satu ini bisa menjernihkan pikiran Anda kembali.
  14. Buah durian selain bermanfaat untuk mencegah penuaan dini juga bermanfaat untuk melembabkan kulit. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit yang cenderung kering, memakan buah ini bisa menjadi salah satu cara mudah dan alami untuk mendapatkan kulit yang lembab.
  15. Kandungan senyawa thiamin di dalam buah durian bermanfaat untuk menyehatkan otot badan. Senyawa ini bekerja dengan mengubah karbohidrat menjadi energi, sehingga bisa digunakan dan dibakar lebih baik oleh otot tubuh kita.
  16. Siap sangka ternyata buah durian juga bermanfaat untuk menguatkan gigi dan tulang. Hal ini dikarenakan buah durian mengandung vitamin B1, B2, kalium dan juga kalsium yang baik untuk gigi dan tulang Anda. Kondisi gigi dan tulang Anda bisa lebih terjaga dari beberapa kerusakan yang bisa terjadi dengan cara menguatkannya.
  17. Manfaat durian yang lainnya seperti: 
  • Mengontrol gula darah yang rendah
  • Mengatasi insomnia
  • Mencegah iritasi pencernaan
  • Menjaga metabolisme tubuh
  • Membantu fungsi otak agar bekerja lebih baik
Bagaimana? Ternyata bayak sekali bukan Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan? Jangan ragu lagi untuk mengkonsumsinya, asal jangan berlebihan saja. Baca juga Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan Tubuh.