10 Manfaat Daun Kemangi untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

10 Manfaat Daun Kemangi untuk Mengatasi Masalah Kesehatan - Anda pasti mengetahui daun kemangi, atau minimal pernah mendengar nama daun kemangi. Daun ini biasanya dijadikan tambahan untuk masakan, juga bisa dijadikan lalapan yang menggugah selera. Daun kemangi memiliki aroma khas yang membuatnya disebut daun kemangi yang dalam bahasa jawa yang artinya wangi.

Biasanya kita menemui daun kemangi untuk dijadikan lalapan saat makan pecel lele. Namun, ternyata daun yang satu ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan kita. Sebelum kita bahas apa saja manfaat daun kemangi untuk kesehatan ada baiknya kalau kita berkenalan dulu dengan daun hijau berukuran kecil ini. Tahukah anda, kemangi merupakan hibrida yang digolongkan antarjenis selasih yakni Ocmum Americanum dan juga Ocinum Basilicum. Kemangi juga banyak dikenal dengan nama ilmiah Ocimum Basilicum Var. Anisatum Benth.

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

10 Manfaat Daun Kemangi untuk Mengatasi Masalah Kesehatan


1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat pertama daun kemangi adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kenapa? Kandungan beta karoten pada daun kemangi dapat meningkatkan respon antibodi, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan beta karoten juga dapat membantu sintesis protein sehingga mendukung proses pertumbuhan dan juga dapat memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain itu, khasiat daun kemangi dari kandungan beta karoten tersebut dapat membantu untuk meningkatkan fungsi penglihatan.

2. Mencegah Kemandulan



Nah, ini kabar gembira bagi anda yang ingin memiliki anak, tentu semua orang ingin memiliki anak. Ternyata daun ini bisa mencegah kemandulan, kandungan arginin pada daun kemangi dapat memprkuat daya hidup sperma sehingga dapat mencegah kemandulan. Selain itu, daun kemangi juga mengandung zat eugenol dan apigenin fenkhona yang dapat membantu meningkatkan kualitas er*ksi dan mencegah enjakul*si dini.

3. Mengobati Panau

Bagi anda memiliki panau yang sulit hilang, ada baiknya anda menggunakan daun kemangi sebagai obat untuk menyembuhkannya. Caranya cukup mudah, yaitu gunakan segenggam daun kemangi dan cuci bersih, setelah itu haluskan. Beri sedikit air campuran kapur sirih dan selanjutnya balurkan pada bagian kulit yang terserang panu. Sebaiknya dilakukan dua kali dalam sehari.

4. Mengobati Sariawan

Selain panau, sariawan juga bisa disembuhkan dengan menggunakan daun kemangi, caranya yaitu ambil daun kemangi kira-kira 50 helai dan cuci hingga bersih. Selanjutnya kunyah daun tersebut kurang lebih dua hingga tiga menit. Setelah halus, telah daun kemangi tersebut dan langsung minum air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan maksimal 3 kali dalam sehari.

5. Melawan Radikal Bebas

Tahukah anda, ternyata daun kemangi sangat ampuh untuk melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita. Kandungan antioksidan pada daun kemangi berupa flavonoid dan juga eugenol mempu mencegah pertumbuhan bakteri,virus dan jamur.

6. Membantu Pertumbuhan Tulang

Daun kemangi mengandung kalsium dan fosfor yang sangat penting bagi tulang kita. Kedua zat ini penting untuk mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang. Kemudian kandungan astenol dan boron dalam daun kemangi memberikan khasiat daun kemangi yang berperan aktif dalam merangsang funsi kerja dari hormon estrogen dan juga hormon endrogen, serta mencegah pengeroposan tulang.

7. Melancarkan Aliran Darah

Banyak masalah kesehatan terjadi akibat peredaran darah yang tidak lancar, salah satu khasiat daun kemangi adalah melancarkan peredaran darah. Kandungan magnesium pada kemangi membantu merilekskan jantung dan juga pembuluh darah, sehingga menjaga aliran darah untuk tetap lancar.


8. Menghilangkan Mual dan Flu

Anda sering mual dan terkena flu? Nah, daun kemangi bisa menjadi solusinya. Caranya sangat mudah, yaitu pertama keringkan daun kemangi dan kemudian seduh layaknya teh. Minum air teh kemangi tersebut dua kali dalah sehari dan badan Anda akan sembuh dari mual serta menghalau flu datang.


9. Menghilangkan Bau Mulut

Nah, ini manfaat yang sangat mudah dan cepat kita dapatkan. Jika anda memiliki bau mulut yang tidak sedap, maka daun kemangi bisa menjadi solusi untuk anda, caranya pun sangat mudah yaitu ambil daun kemangi, biji juga akarnya. Bersihkan dan kemudian seduh dengan air yang panas. Air seduhan tersebut bisa Anda tambahkan dengan gula merah atau madu. Minum air tersebut di setiap pagi sebelum beraktifitas.

10. Meredakan Perut Kembung

Perut kembung dapat mengakibatkan rasa sakit, begah, sumpek dan lain sebagainya, atasi dengan daun kemangi, caranya rebus daun kemangi dengan bawang merah yang kemudian dicampur dengan minyak kelapa. Ramuan tersebut segera dioleskan pada perut yang dirasa kembung. 

Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan? Itulah 10 Manfaat Daun Kemangi untuk Mengatasi Masalah Kesehatan secara alami dan cepat. Semoga bermanfaat. Baca juga Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan yang Sangat Luar Biasa.