Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah rambutan untuk kesehatan ternyata sangat banyak, namun tidak banyak yang mengetahui hal itu. Salah satu manfaat utama dari buah yang memiliki rambut pada kulitnya ini adalah untuk mengobati kencing manis. 

Buah yang termasuk ke dalam duku Sapindaceae ini sangat disukai oleh masyarakat kita. Biasanya sekali musim dalam setahun namun akibat rekayasa pertanian maka buah ini bisa kita temukan sepanjang tahun. Rambutan berasal dari Asia Tenggara. Dengan nama Latin Niphelium lappaceum, buah ini memiliki rasa yang beragam, manis, asem, ataupun kecut. Nah, selain manfaat yang sudha disebutkan di atas, ada beberapa lagi manfaat lainnya. Mari kita kupas apa saja manfaat buah rambutan untuk kesehatan tubuh kita berikut ini.

Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan

Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Rambutan

1. Manfaat Buah Rambutan Untuk Mengobati Kencing Manis

Nah, ini dia manfaat pertama dari buah rambutan seperti yang sudah disebutkan di atas. Cara membuat ramuannya yaitu, siapkan 5 biji rambutan. Cuci bersih, kemudian gongseng biji tersebut di atas api sedang. Kemudian giling biji rambutan sampai menjadi bubuk atau serbuk. Seduh dengan satu cangkir air panas, setelah airnya dingin maka dapat diminum 2x sehari

2. Manfaat Buah Rambutan Untuk Mengobati Demam

Selain untuk mengobati kencing manis, rambutan juga bisa untuk mengobati demam, caranya yaitu, siapkan 15 gram kulit buah rambutan. Kemudian cuci bersih, lalu rebus dengan 3 gelas air putih selama kurang lebih 15 menit. Setelah direbus, air di diamkan hingga dingin, lalu saring. Air hasil rebusan dapat diminum 3 kali sehari masing-masing 1/3 bagian.

3. Khasiat Buah Rambutan Untuk Mengobati Sariawan

Nah, ini manfaat lainnya dari buah rambutan, mengobati sariawan atau panas dalam. Caranya yaitu, siapkan kulit kayu rambutan sebanyak 3 ruas jari untuk mengatasinya. Caranya cukup mudah dengan mencucinya terlebih dahulu, lalu rebus dengan dua gelas air putih sampai tersisa satu gelas. Gunakan air hasil perasan tersebut untuk berkumur selagi hangat.

Sangat luar biasa sekali bukan manfaat buah rambutan untuk kesehatan tubuh kita, ayo kita mulai hidup sehat dan kembali ke alam.