55 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami

Manfaat Buah Mengkudu - Buah mengkudu memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Buah ini dikenal juga dengan sebutan buah noni. Ada banyak produk kesehatan yang terbuat dari buah yang memiliki aroma tidak sedap dan pahit ini. Bentuknya yang tidak beraturan agak oval ini ternyata mampu mengobati berbagai penyakit.
Buah ini disebut juga sebagai buah ajaib. Sebelum berbicara lebih jauh mengenai manfaat buah mengkudu untuk kesehatandan kecantikan, ada baiknya kita berkenalan dulu dengan buah yang memiliki banyak nama ini. Mengkudu sering juga disebut buah pace, kemudu, atau kudu (Jawa). Selain itu juga disebut cangkudu (Sunda), kodhuk (Madura) dan tibah (Bali)
Buah ini berasal dari wilayah negara kita, nusantara. Selain di tanah air, buah ini juga sudah tersebar di berbagai tempat di belahan dunia, dilakukan oleh bangsa Polinesia (kepulauan Hawai). Ketika mengembara meninggalkan tanah air (sekitar tahun 100 SM), nenek moyang bangsa Polinesia (berasal dari Asia Tenggara) membawa sejumlah bibit tanaman dan hewan ternak.

Diantara beberapa bibit tanaman yang dibawa, buah mengkudu termasuk salah satu diantaranya. Mereka menyebut buah ini sebagai buah ajaib dan dipercaya dapat menyembuhkan segala macam penyakit. Selama belasan abad mereka membudidayakan mengkudu yang mereka sebut dengan nama "Noni" ini.

Kandungan Nutrisi Buah Mengkudu

Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami
Kenapa buah mengkudu bisa bermanfaat? Hal ini tidak lain adalah karena kandungan nutrisi yang ada di dalam mengkudu. Ada banyak sekali kandungan nutrisi buah mengkudu yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh secara alami. Berikut ini diantaranya:
  • Protein
  • Vitamin A, C
  • Kalori
  • Asam Folat
  • Xeronin
  • Lisin
  • Arginin
  • Magnesium
  • Kalium
  • Zat Besi
  • Zinc, dll
Dari kandungan nutrisi buah mengkudu yang segitu banya, sangat wajar kalau buah yang memiliki nama lain pace ini memiliki banyak khasiat untuk tubuh kita. Setidaknya ada 55 manfaat buah mengkudu yang bisa kami kumpulkan dari berbagai sumber, sebenarnya masih ada banyak lagi, namun tentu saja membutuhkan penelitian lebih lanjut. Berikut ini diantaranya: 

1. Manfaat Buah Mengkudu Mengobati Sakit Kuning


Manfaat buah mengkudu yang pertama adalah untuk mengobati sakit kuning, penampakan ciri-ciri sakit kuning seperti bagian tubuh menguning, berat badan menurun, kulit keriput, mata menguning dan masih banyak lagi lainnya. Penelitian menunjukkan fakta bahwa mengkudu bisa bermanfaat untuk menghilangkan sakit kuning yang dialami oleh penderitanya. Cara pembuatannya adalah sebagai berikut ini :
  • Siapkan dua buah pace yang telah masak dan mengeluarkan baunya.
  • Haluskan mengkudu dan peras mengkudu.
  • Masukkan madu ke dalam perasan mengkudu.
  • Aduk hingga rata.
  • Minum sebanyak tiga kali sehari.

2. Manfaat Buah Mengkudu Mengobati Batuk

Manfaat buah mengkudu yang kedua adalah untuk mengobati batuk. Sebenarnya sudah ada banyak sekali obat batuk yang dijual diapotek atau toko obat, namun tentu saja yang alami lebih bebas efek samping.
Nah, ternyata buah noni ini memiliki manfaat untuk menghilangkan batuk dikarenakan adanya zat anti bakteri di dalamnya. Caranya adalah sebagai berikut ini :
  • Rebuslah dua buah mengkudu yang telah masak.
  • Campurkan dengan setengah daun bujanggut.
  • Rebus menggunakan dua gelas air sampai mendidih.
  • Sisakan hanya satu gelas saja.
  • Saring airnya dan minum selama dua kali sehari.
  • Pertama kali akan membuat rasa gatal di tenggorokan hilang, kemudian batuk akan mereda lama kelamaan.

3. Manfaat Buah Mengkudu Mengobati Diabetes

Ini dia salah satu manfaat buah mengkudu yang sangat luar biasa, ternyata buah mengkudu bermanfaat untuk mengobati diabetes, baik itu diabetes basah atau diabetes kering.

4. Manfaat Buah Mengkudu Mengobati Asam Urat

Asam urat banyak diderita oleh mereka yang berusia 50 tahun ke atas, hal ini dikarenakan pola hidup yang tidak sehat. Makana yang tinggi purin, namun tidak diiringi dengan olahraga yang baik, apalalagi jarang bergerak, maka akan sangat mudah sekali terkena asam urat. 
Kalau anda asudah terkena asam urat sebaiknya diobai sejak dini, zat iridoid dalam buah pace atau mengkudu bisa berguna untuk mengobati asam urat.

5. Manfaat Buah Mengkudu Mengobati Sakit Kepala

Khasiat buah mengkudu yang lainnya adalah untuk menghilangkan sakit kepala, hal ini dikarenakan adanya kandungan analgesik sebanyak 75% mengalahkan morfin sulfat untuk mengurangi rasa nyeri yang ada di dalam buah mengkudu.

6. Manfaat Buah Mengkudu Mengatasi Hipertensi

Buah mengkudu juga bermanfaat untuk mengatasi tekanan darah tinggi, hal ini diakrenakan kandungan kandungan xeronine yang ada dalam buah mengkudu bermanfaat untuk menormalkan kembali tekanan darah seseorang. Zat fitonutrien scopoletin berguna melebarkan pembuluh darah, untuk menurunkan tekanan darah.
Bagaimana caranya? Anda bisa mengkonsumsi buah mengkudu secara langsung dengan mengupas kulitnya atau bisa juga dengan merebusnya.

7. Manfaat Buah Mengkudu Memperlancar Sistem Pencernaan

Berbagai masalah pencernaan seperti perut kembung, muntah atau tukak pada usus bisa diatasi dengan buah mengkudu. Hal ini dikarenakan ada nya kandungan serat yang ada di dalam buah mengkudu bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Caranya adalah mengkonsumsi buah mengkudu sebelum mengambil porsi makan besar.

8. Manfaat Buah Mengkudu Anti Inflamasi 

Buah menkudu memiliki sifat anti inflamasi yang telah terbukti mampu mencegah terjadinya peradangan. Juga menurunkan resiko terkena gejala penyakit jantung.

9. Manfaat Buah Mengkudu Meningkatkan Imunitas

Jika anda ingin memiliki sistem pertahanan tubuh yang kuat bisa dengan mengkonsumsi buah mengkudu. Manfaat buah mengkudu yang sangat luar biasa ini dikarenakan adanya kandungan mineral, vitamin, asam amino, peptida dan enzim yang terkandung dalam mengkudu meningkatkan sistem imunitas tubuh. 
 
Antioksidan alami, vitamin E dan koenzim Q10 diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas. Vitamin C yang ada di dalam buah mengkudu juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun di dalam tubuh sehingga berbagai macam penyakit tidak bisa masuk ke dalam tubuh. Orang dengan sistem imun rendah bisa mudah terkena penyakit.

10. Manfaat Buah Mengkudu Anti Bakteri

Buah mengkudu juga memiliki sifat anti bakteri yang tentu saja sangat bermanfaat untuk mengatasi berabagai masalah akibat serangan jamur, parasit atau bakteri yang dapat mengakibatkan penaykit kulit.

11. Manfaat Buah Mengkudu Menurunkan Kolesterol

Kelebihan kolesterol dalam darah sepertinya sudah menjadi penyakit yang sangat mudah menyerang orang saat ini, hal ini tentu saja disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat, seperti mengkopnsumsi makanan tinggi lemak, rendah serat, jarang olahraga, malas bergerak dan gaya hidup tidak sehat lainnya.

Nah, ternyata buah paca ini dapat menurunkan jumlah kolesterol dalam darah, hal ini dikarenakan kandungan zat xeronine dan proxeronine bisa mengobati kandungan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Untuk mengobati kolesterol, anda bisa merebus buah mengkudu dan meminum air rebusannya secara teratur.

12. Manfaat Buah Mengkudu Mencegah Kanker

Manfaat buah mengkudu yang sangat luar biasa lagi adalah dapat mencegah penyakit kanker. Mencegah pastilah lebih baik daripada mengobati. Hal ini didasarkan pada penelitian yang menunjukan adanya senyawa 2-methoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone pada buah mengkudu yang baik untuk mencegah kerusakan DNA sel yang menimbulkan gejala kanker serta baik untuk menjaga sel-sel sehat dalam tubuh.

Pace atau mengkudu memiliki zat anti oksidan yang tinggi. Semua makanan dan obat herbal yang memiliki antioksidan tinggi bermanfaat untuk mencegah sel kanker dan penyebaran sel kanker di dalam tubuh.

13. Manfaat Buah Mengkudu Mengobati Penyakit Gondok

Buah mengkudu juga bisa anda manfaatkan untuk mengobati penyakit gondok. Penyakit ini mungkin jarang anda dengar diperkotaan, namun masih cukup tinggi di pedesaan karena kurangnya konsumsi yodium. Penyakit yang disebabkan oleh kelenjar tyroid yang mengalami pembengkakan ini dapat diatasi dengan menggunakan buah pace.
 
Caranya adalah dengan menggunakan buah pace yang masih mengkal. Mengkonsumsi buah mengkudu atau pace secara teratur bisa mengecilkan kelenjar tyorid yang ada di leher.

14. Manfaat Buah Mengkudu Menangkal Radikal Bebas

Anda tentu ingin memiliki kulit sehat dan cantik, namun akibat radikal bebas kulit mudah kusam, menimbulkan bintik hitam dan masalah penuaan dini lainnya. Untuk mencegahnya anda bisa mengkonsumsbi buah mengkudu, bisa yang sudah jadi kapsul, herbal dari sari mengkudu atau mengkonsumsi mengkudu secara langsung. Zat bioaktif di dalam mengkudu bisa digunakan untuk menangkal radikal bebas.

15. Manfaat Buah Mengkudu Memperlancar Sistem Peredaran Darah

Manfaat buah mengkudu untuk memperlancar peredaran juga sangat luar biasa, hal ini dikarenakan zat scopeletin bisa melebarkan pembuluh darah. Pembuluh darah yang lebar bisa melancarkan peredaran darah di dalam tubuh.

16. Manfaat Buah Mengkudu Mengobati Infeksi

Jika anda mengalai infeksi, buah mengkudu bisa menjadi solusi yang tepat, zat anti bakteri yang ada di dalam buah mengkudu bermanfaat untuk menghilangkan bakteri yang bisa membuat infeksi lebih parah. Selain membunuh bakteri, zat anti bakteri tersebut bermanfaat untuk mengontrol bakteri di dalam tubuh.

17. Manfaat Buah Mengkudu Mengobati Radang Usus 

Buah pace juga bermanfaat untuk mengatasi radang usus, karena buah mengkudu mengandung zat scolopetin yang bermanfaat untuk meredakan peradangan dan luka yang ada di dalam usus.

18. Manfaat Buah Mengkudu Mengobati Keracunan Makanan

Jika anda atau orang terdekat mengalami keracunan makan, segera ambil buah mengkudu, kandungan zat anti bakteri yang bisa menetralisir bakteri yang ada di dalam makanan yang beracun. Makanan beracun bisa disebabkan oleh makanan yang kadaluarsa dan juga makanan yang diolah menggunakan bahan yang tidak hiegienis. Ciri orang keracunan makanan adalah :
  • Muka pucat.
  • Pusing.
  • Mual dan muntah-muntah.
  • Sakit perut.
  • BAB terus menerus.

19. Manfaat Buah Mengkudu Mengobati Radang Tenggorokan

Selain peradangan pada usus, buah mengkudu juga bermnafaat mengatasi peradangan pada tenggorokan, kandungan zat scolopetin yang ada di dalam buah mengkudu bisa mengobati radang tenggorokan.

20. Manfaat Buah Mengkudu Mengobati Radang Kulit

Radang kulit juga bisa diobati dengan buah mengkudu, radang kulit dengan ciri-ciri ruan berwarna kemerahan pada permukaan kulit. Zat scolopetin dalam buah mengkudu bisa mengobati radang kulit yang anda derita.

21. Manfaat Buah Mengkudu Menghilangkan Sakit Gigi

Lebi baik sakit gigi daripada sakit hati tidak sepenuhnya benar, karena sakit gigi juga sangat menyiksa, lebih baik tidak sakit dua-duanya. Kandungan zat anti bakteri pada buah mengkudu bisa membuat sakit gigi mereda dan hilang akibat bakteri penyebab sakit gigi telah dihilangkan.

22. Manfaat Buah Mengkudu Mengobati Bronkitis

Anda menderita penyakit Bronkitis? Ternyata kandungan zat anti bakteri buah mengkudu bermanfaat untuk mengobati penyakit ini. Selain itu, zat ini juga bermanfaat mencegah bakteri yang masuk ke dalam paru-paru serta membunuh bakteri yang ada di dalam paru-paru. Konsumsi mengkudu secara teratur bisa menghilangkan bakteri yang ada di dalam paru-paru sehingga bronkitis akan semakin membaik.

23. Manfaat Buah Mengkudu Mengobati Radang Lambung

Ada banyak sekali radang pada tubuh yang bisa diobati dengan buah mengkudu, salah satunya adalah radang lambung, kandungan zat scolopetin yang ada dalam kandungan mengkudu sangat bermanfaat untuk mengobati radang tenggorokan, bagaimana caranya? Caranya adalah dengan merebus buah mengkudu bersamaan dengan daun mengkudu. Minum secara teratur tiga kali sehari sampai radang sembuh.

24. Manfaat Buah Mengkudu Mengobati Disentri

Jika anda mengalami disentri, maka buah mengkudu bisa menjadi solusinya. Hal ini dikarenakan bakterishigella dusenteriae yang menyebabkan disentri dibunuh oleh zat antibakteri pada buah mengkudu.

25. Manfaat Buah Mengkudu Menyembuhkan Borok

Anda tentu tahu dengan borok, nah lagi-lagi zat anti bakteri pada buah pace dapat membasmi penyebab borok yang kita alami, caranya sangat sederhana sekali, yaitu dengan memarut mengkudu dan menempelkannya pada borok.

26. Manfaat Buah Mengkudu Mengobati Diare

Diare banyak diderita oleh mereka yang sering menngkonsumsi makanan tidak higenis atau menggunakan tangan yang tidak dicuci dengan baik, penyebabnya adalah bakteri salmonella dan e colli. Nah, zat anti bakteri pada buah pace dapat anda manfaatkan untuk membasminya.

27. Manfaat Buah Mengkudu Mengobati Luka Bakar

Kandungan  zat terpenoid pada buah mengkudu bermanfaat untuk memulihkan sel-sel yang rusak di dalam tubuh. Dengan demikian, kulit anda secara perlahan bisa pulih kembali.

28. Manfaat Buah Mengkudu Meredakan Rasa Sakit

Kandungan  Analgesik pada buah mengkudu meredakan rasa nyeri atau bahkan menghilangkan rasa sakit yang kita alami. Orang yang terkena nyeri sendi bisa diobati menggunakan mengkudu dengan sifat morfin sulfat yang ada dalam buah mengkudu.

29. Manfaat Buah Mengkudu Mengobati Demam

Manfaat buah mengkudu yang lainnya adalah dapat menurunkan dan mengobati demam, caranya yaitu:
  • Ambil satu buah mengkudu.
  • Campurkan dengan parutan kencur.
  • Rebus kedua bahan tersebut.
  • Gunakan dua gelas air dan sisakan hanya masih satu gelas saja.
  • Saring
  • Minum air rebusannya secara teratur.

30. Manfaat Buah Mengkudu Mengatasi Kulit Bersisik

Anda mengalami masalah kulit bersisik? Atasi dengan menggunakan buah mengkudu, berikut ini caranya:
  • Kupas buah mengkudu.
  • Iris besar-besar buah mengkudu.
  • Kulit yang bersisik bisa diolesi menggunakan bagian daging buah mengkudu tersebut.
  • Diamkanlah maksimal selama 10 menit.
  • Celupkan kain bersih ke dalam air hangat.
  • Bagian yang diolesi dengan mengkudu dibersihkan menggunakan kain yang telah dicelupkan ke air hangat tersebut.
  • Lakukan secara teratur.

31. Manfaat Buah Mengkudu Mengobati Tumor Jinak

Tumor jinak bisa diobati menggunakan mengkudu. Mengkudu kaya akan antioksidan yang bisa mengecilkan tumor dan melawan sel-sel tumor di dalam tubuh.

32. Manfaat Buah Mengkudu Sebagai Sumber Energi

Protein yang ada di dalam buah mengkudu bermanfaat untuk menghasilkan energi di dalam tubuh. Selain dapat meningkatkan energi mengkudu memang terkenal sangat penting untuk membantu mengurangi rasa lemas.

33. Manfaat Buah Mengkudu Mengobati Ambeien

Buah mengkudu juga bermanfaat untuk mengobati ambeien, caranya adalah:
  • Rebus daun dan buah mengkudu dengan dua gelas air dan sisakan hanya menjadi satu gelas saja.
  • Setelah itu minum air rebusannya secara teratur.
  • Ambeien juga semakin diringankan dengan kandungan serat yang ada di dalam buah mengkudu, sehingga pencernaan penderita ambeien akan lancar dan terhindar dari sembelit.

34. Manfaat Buah Mengkudu Menyehatkan Tulang

Buah mengkudu juga bermanfaat untuk menyehatkan tulang kita dan mencegah berabgai masalah pada tulang seperti pengeroposan tulang atau oesteoporosis dan masih banyak lagi lainnya. Hal ini dikarenakan kandungan zat berupa metil, asetil, asam kapril dan morindone.

35. Manfaat Buah Mengkudu Mengobati Sakit Perut

Buah mengkudu jiga bisa anda gunakan untuk mengobati sakit perut, gunakan 2-3 helai daun mengkudu. cuci bersih, kemudian ditumbuk halus, ditambah garam secukupnya dan kemudian diseduh dengan air panas. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum

36. Manfaat Buah Mengkudu Mengobati Masuk Angin

Anda mengalami masuk anging? Hilangkan dengan buah mengkudu, caranya, ambil 1 buah mengkudu tambahkan 1 rimpang kencur. Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan hingga tinggal tersisa 1 gelas. Setelah dingin, airnya disaring, kemudiant diminum dua kali sehari, tiap pagi dan sore.

37. Manfaat Buah Mengkudu Meredakan nyeri haid atau gejala PMS

Masalah ini sering iderita wanita pada priode-priodenya, buah mengkudu sangat efektif untuk meredakan sakit saat PMS atau ketika menstruasi. Selain itu, buah mengkudu dipercaya dapat meminimalisir perubahan hormon ketika masa PMS dan menstruasi sehingga sindrom menstruasi bisa diatasi, seperti mengurangi rasa sensitif, dan mood yang berubah-ubah saat menstruasi.

38. Manfaat Buah Mengkudu Mengatasi Ketombe

Ketombe juga bisa dihilangkan dengan masker buah mengkudu,bagaimana cara membuatnya?
Caranya siapkan 1 - 2 buah mengkudu masak yang telah dicuci bersih. Kemudian potong jadi 4 bagian merata, gunakan tiap bagian untuk menggosok kepala secara perlahan. Diamkan sejenak (10 - 15 menit) agar kandungan menyerap pada akar rambut, setelah itu cuci kepala dengan shampo sampai zat yang menempel terangkat bersih. Pengobatan ini bisa Anda lakukan seminggu 1 - 2 kali, jangan berlebihan.

39. Manfaat Buah Mengkudu Mengobati Influenza

Buah mengkudu juga bisa anda jadikan sebagai herbal untuk mengatasi influenza, caranya gunakan 1 buah mengkudu tambahkan 1 rimpang kencur. Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan hingga tinggal tersisa 1 gelas. Setelah dingin, airnya disaring, kemudiant diminum dua kali sehari, tiap pagi dan sore.

40. Manfaat Buah Mengkudu Mengatur Siklus Suasana Hati (Mood)

Buah mengkudu juga bisa mengatur suasana hati, hal ini dikarenakan zat scopoletin yang dapat mengikat serotonin. Menurut Dr. Harrison (DC.General Hospital, USA) scopoletin dapat meningkatkan kegiatan kelenjar peneal yang terdapat di dalam otak, yang merupakan tempat dimana serotonin diproduksi dan kemudian digunakan untuk menghasilkan hormon melatonin.

Serotonin adalah salah satu zat penting di dalam butiran darah (trombosit) manusia yang melapisi saluran pencernaan dan otak. Di dalam otak, serotonin berperan sebagai neurotransmitter, penghantar sinyal saran dan prekursor hormon melatonin.

Serotonin dan melatonin membantu mengatur beberapa kegiatan tubuh seperti tidur, regulasi suhu badan, suasana hati (mood), masa pubertas dan siklus produksi sel telur, rasa lapar dan perilaku seksual. Kekurangan serotonin dalam tubuh dapat mengakibatkan penyakit migrain, pusing, depresi, bahkan penyakit Alzheimer. 

Nah bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan? Masih ada beberapa manfaat buah mengkudu yang lainnya, diantaranya adalah untuk penyakit:
41. Kolera
42. Demam pada bayi
43. Sinusitis
44. Asma
45. Peningkat transportasi oksigen dalam sel
46. Bisul
47. Kurap
48. Gusi Berdarah
49. Selulit
50. Sariawan
51. Sakit Pinggul
52. Kencing Batu
53. Gangguan Ginjal
54. Hepatitis Kronis
55. Radang pada Kulit

Efek Samping Buah Mengkudu

Ada beberapa peringatan pada kondisi tertentu yang harus anda perhatikan, berikut ini beberapa peringatan untuk anda yang ingin mengkonsumsi buah mengkudu:
  1. Ibu hamil dan menyusui – Bagi bumil, tidak disarankan untuk mengkonsumsi bua mengkudu, karena secara historis, buah mengkudu kerap digunakan untuk aborsi. Sama halnya pada saat menyusui, perlu menghindari pengonsumsian buah mengkudu, karena tidak cukup diketahui tentang keamanan buah mengkudu ini selama menyusui.
  2. Masalah ginjal – Bagi penderita batu ginjal juga tidak disarankan untuk mengkonsumsi buah ini, karena kandungan kalium pada buah mengkudu cukup tinggi. Hal ini bisa menjadi masalah, terutama bagi orang-orang dengan penyakit ginjal. Jangan mengkonsumsi mengkudu jika memiliki masalah ginjal.
  3. Penyakit liver – Penderita liver juga tidak disarankan untuk mengkonsumsi buah ini, jika memiliki penyakit gangguan fungsi hati.
Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan. Mengkudu bisa dinikmat sebagai jus ataupun rujak, oh ya, jangan lupa tambahkan madu saat mengkonsumsinya, supaya tidak terlalu pahit. Itulah 55 manfaat mengkudu untuk kesehatan dan kecantikan yang harus anda ketahui, semoga bermanfaat. Baca juga 3 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dengan Buah-Buahan.