Manfaat kulit buah semangka untuk kesehatan dan Kecantikan Wajah

Manfaat kulit buah semangka untuk kesehatan dan kecantikan masih belum banyak diketahui oleh masyarakat kita. Sehingga tidak heran kalau kulit semangka dibuang begitu saja, dan hanya menikmati bagian daging yang berwarna merahnya saja. Padahal bagian kulit buah semangka memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Baca juga : 10 Manfaat Buah Semangka untuk Kecantikan Kulit dan Wajah 

Manfaat kulit buah semangka untuk kesehatan

Kulit buah semangka yang dimaksud disini bukan yang bagian luar, tetapi antara bagian terluar semangka dengan bagian daging yang berwarna merah. Kulit buah semangka yang berwarna antara hijau dan putih ini mengandung nutrisi yang sangat luar biasa. Tahukah anda? dalam 2.5 x 2.5 cm kulit semangka terdapat 1.8 kalori yang berguna untuk tubuh. Selain itu mengandung 2% vitamin C dan 1% vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh. Manfaat lain dari kulit semangka sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit, menambah kekebalan tubuh, dan untuk kesehatan sistem saraf.

Manfaat kulit buah semangka untuk kesehatan dan Kecantikan Wajah

Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan? Jadi, sangat disayangkan kalau Manfaat kulit buah semangka untuk kesehatan ini harus disia-siakan begitu saja. Kandungan citrulline pada buah semangka berfungsi sebagai anti oksidan kuat yang bermanfaat untuk menjaga tubuh dari radikal bebas. Selain itu, citrulline juga bisa di ubah oleh tubuh menjadi arginin yaitu asam amino yang mempunyai peranan penting dalam peredaran darah dan sistem kekebalan tubuh. Karena adanya kandungan ini jugalah yang membuat kulit semangka mampu menjadi agen dalam menjaga kesehatan jantung dan impotensi. Demikian hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of the Science of Food and Agriculture tahun 2011. 

Manfaat kulit buah semangka untuk Kecantikan

Selain untuk kesehatan, kulit buah semangka ini juga bermanfaat untuk kecantikan. Apa kira-kira manfaat kulit buah semangka untuk kecantikan? Manfaat yang luar biasa dari kulit buah semangka adalah untuk mengatasi jerawat, caranya sangat mudah, yaitu dengan mengolesi kulit semangka bagian dalam pada wajah secara merata. Selain bisa membersihkan wajah juga bisa membantu menghilangkan jerawatan.