12 Manfaat Buah Pinang untuk Kesehatan Sebagai Obat Alami

Manfaat Buah Pinang | Buah pinang biasnaya dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk mewarnai pakaian, namun siapa sangka ternyata buah pinang memiliki seabrek khasiat untuk kesehatan kita. 

Selama ini pinang muda juga sering dijadikan jus, salah satu manfaat buah pinang yang di jus adalah untuk meningkatkan vitalitas, sangat wajar ada banyak orang yang suka minum jus pinang muda, jus pinang muda juga sangat enak kalau dinikmati saat cuaca sedang dingin, karena jus pinang muda dapat menghangatkan tubuh kita.

Manfaat Buah Pinang Untuk Kesehatan

12 Manfaat Buah Pinang untuk Kesehatan Sebagai Obat Alami
Selain untuk vitalitas, masih ada banyak lagi khasiat buah pinang untuk kesehatan. Berikut ini manfaat buah pinang selengkapnya yang perlu anda ketahui:

1. Manfaat Buah Pinang untuk Mengatasi mulut kering

Manfaat buah pinang yang pertama adalah untuk mengatasi mulut kering. Hal ini dikarenakan kelenjar ludah kita akan aktif. Ludah ini akan mencegah orang terserang penyakit seperti disentri dan sindrom sjogren. 

2. Manfaat Buah Pinang untuk Mengobati Cacingan

Yang kedua, buah pinang juga sangat ampuh untuk mengobati cacingan. Caranya yaitu: sediakanseperempat buang pinang, temulawak berukuran setengah jari, kunyit setengah jari,. Semua bahan ini di rebut hingga matan dan kemudian saring airnya dan minum. 

3. Manfaat Buah Pinang untuk Mengobati kulit yang luka

Jika anda mengalami luka apada kulit, caranya yaitu tumbuk hingga halus daging buah pinang yang masih muda, tempelkan hasil tumbukan ini kepada kulit yang terluka. Lakukan secara bertahap dan continue luka tersebut akan cepat sembuh. 

4. Manfaat Buah Pinang untuk Mengobati Rabun mata

Kunyah daging pohon pinang da telan airnya hal tersebut dapat mengatasi rabun pada mata. 
Selain itu, ada cara lainnya yang kami kutip dari caraobat: ambil 1 biji buah pinang yang masih muda, lalu kunyah dan hisap saja airnya, cara ini sangat efektif dalam mengobati mata rabun.

5. Manfaat Buah Pinang untuk Mengencangkan vagina

Menurut Dian gantini seorang Herbalife mengatakan bahwa buah yang memiliki rasa sepat agak asam ini di katakan jika sangat baik untuk pemulihan vagina setelah proses melahirkan. Cara untuk mengkonsumsinya juga termasuk mudah dengan cara memasak buah pinang kemudian menyaring airnya dan kemudian di minum secara berkelanjutan setelah proses melahirkan. 

6. Manfaat Buah Pinang untuk Meningkatkan Vitalitas

Nah, ini yang sangat disukai para pria. Jangan mengkonsumsi terlalu berlebihan, anda dapat menikmatinya sebagai jus. 

7. Manfaat Buah Pinang untuk Mencegah pegeluaran darah berlebih


Buah pinang muda dapat anda gunakan sebagai obat dalam mengatasi masalah keluar darah berlebih pada luka seperti mimisan, koreng, bisul, kudis, mencret dan juga diare. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi air rebusan buah pinang secara teratur. 

8. Manfaat Buah Pinang untuk Mengobati Sakit Pinggang


Ccaranya yaitu :

Siapkan beberapa lembar daun pinang, lalu tumbuk kasar lalu hangatkan. Setelah itu, daun pinang yang telah di tumbuk dikompreskan pada pinggang yang sakit. Lakukan pengobatan ini secara rutin dan teratur setiap malam sebelum tidur. 

9. Manfaat Buah Pinang untuk Mengobati Kudis


Caranya yaitu :

Ambil satu biji buah pinang muda, lalu buah pinang tersebut di parut. Setelah itu campurkan parutan buah pinang dengan ¼ sendok teh dan 2 gelas air, lalu aduk-aduk hingga semua bahan tercampur merata.kemudian oleskan pada bagian tubuh yang sakit. 

10. Manfaat Buah Pinang untuk Mengobati Difteri


Caranya yaitu :

Ambil 2 biji buah pinang muda lalu memarkan, kemudian rebus dengan menggunakan 2 gelas air sampai mendidih dan hanya tersisa 1 gelas saja. Sebelum di minum, tambahkan 1 sendok makan madu lalu aduk rata. Minum secara rutin 1 kali sehari. 

11. Manfaat Buah Pinang untuk Mengecilkan rahim


Sejak dulu biji buah pinang muda sering dijadikan sebagai obat yang sangat berkhasiat untuk membantu mengecilkan rahim setelah melahirkan.

Caranya yaitu :

Lakukan cara seperti cara untuk mengobati difteri diatas secara rutin setiap hari sampai badan kembali pulih.

12. Menguatkan gigi dan gusi


Siapkan 2 biji buah pinang yang masih muda, lalu iris dan kunyah. Cara ini sudah terbukti khasiatnya dalam menguatkan gigi dan gusi sejak jaman dulu, maka tak heran jika orang-orang pada jaman dulu memiliki gigi yang sehat dan kuat.

Bagaimana? Sangat luar biasa bukan? Itulah 12 Manfaat Buah Pinang untuk Kesehatan Sebagai Obat Alami yang bisa kita dapatkan, semoga bermanfaat. Baca juga 6 Khasiat Pepaya Muda untuk Kesehatan