11 Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami

Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan dan Kecantikan | Halo pemirsa pembaca blog aneka manfaat buah untuk kesehatan yang sederhana ini. Di blog ini kami membahas seputar khasiat buah untuk kesehatan jua kecantikan. Sebagaimana yang kita ketahui, masyarakat kita kini semakin enggan untuk mengkonsumsi buah, lebih suka mengkonsumsi makanan atau minuman yang insatant, padahal tentu saja makanan atau minuman instant tidak akan bisa sebaik buah-buahan.

Salah satu buah-buahan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan adalah buah leci. Buah ini memang tidak sepopuler buah sawo, buah kedondong, buah naga atau buah-buah lainnya. Ada banyak manfaat buah leci untuk kesehatan yang harus anda ketahui. Buah ini memiliki rasa yang manis serta memiliki dua varian yaitu merah dan hijau.

Kandungan Nutrisi Buah Leci

Sebelum kita bahas aoa saja khasiat buah leci untuk kesehatan dan kecantikan, ada baiknya juga kalau kita tahu apa saja kandungan nutrisi buah leci. Tahukah anda? Dalam 100 gr buah leci terdapat 66 kalori, luar biasanya leci tidak memiliki lemak jenuh atau kolesterol, tetapi disusun dari jumlah yang baik dan juga serat makanan, vitamin serta antioksidan. Studi pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa oligonol, polifenol dengan berat molekul rendah ditemukan berlimpah dalam buah leci. Oligonol diperkirakan dalam tubuh bertindak sebagai anti virus segagai anti oksidan.

Buah leci juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik untuk tubuh kita, dimana 100 gram buah-buahan segar memberikan 71,5 mg atau 119% dari nilai harian vitamin C yang disarankan. Studi menunjukkan bahwa, mengkonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C akan membantu tubuh, dalam mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dari penyakit berbahaya, radikal bebas dan anti inflamasi.  

Buah ini juga mengandung vitamin B-kompleks yang baik seperti thiamin, niacin, dan folat. Vitamin B-komplek sangat penting karena mereka bertindak sebagai faktor yang membantu tubuh untuk memetabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. 

Tidak hanya nutrisi di atas, lebi juga mengandung mineral seperti kalium, yang berperan untuk menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah, dengan demikian manfaat buah leci memberikan perlindungan terhadap resiko penyakit kardiovaskuler. 

Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan dan Kecantikan

5 Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan dan Kecantikan
Setidaknya ada 11 manfaat buah leci untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa kita dapatkan jika mengkonsumsi buah ini, apalagi jika dikonsumsi secara teratur, berikut ini diantaranya:

1. Manfaat Buah Leci untuk Mencerahkan Kulit

Manfaat buah ini yang pertama adalah dapat mencerahkan kulit, selain itu juga dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan jerawat dan memperlancar aliran darah di kulit sehingga kulit nampak lebih muda.

2. Manfaat Buah Leci untuk Mencegah Kanker

Manfaat buah leci yang tidak kalah luar biasanya adalah dapat mencegah kanker. Kandungan flavanoid pada leci sangat efektif untuk memerangi kanker. Selain flavanoid, leci juga mengandung quercitin dan kaempferol yang dapat membantu dalam mengurangi penyebaran sel-sel kanker.

3. Manfaat Buah Leci untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Leci juga sangat menyehatkan untuk jantung kita, hal ini dikarenakan bau ini kaya dengan polyphenol yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu kandungan nutrisi tersebut juga akan membantu menstabilkan tekanan darah dan detak jantung sehingga Anda pun dapat terhindar dari stroke dan penyakit jantung koroner lainnya.

4. Manfaat Buah Leci untuk Memperbaiki Pencernaan

Buah leci juga dapat menyehatkan sistem pencernaan kita. Leci memiliki sifat astringent yang dapat membersihkan pencernaan Anda dari racun-racun dan bakteri penyebab sakit perut.

5. Manfaat Buah Leci untuk Memberikan Nutrisi Kulit

Buah ini menjadi salah satu sumber nutrisi untuk kulit kita, sebagaimana kita ketahui, kulit juga membutuhkan nutrisi untuk melakukan metabolisme, memperbaiki jaringan yang rusak, menangkal radikal bebas dan lain sebagainya. Kandungan thiamin, niacin, dan tembaga sangat bermanfaat untuk kulit. Thiamin membantu tubuh dalam metabolisme lemak dan protein untuk kesehatan kulit. Niacin meningkatkan hidrasi pada kulit sementara tembaga, dalam jumlah kecil, membantu untuk mempercepat penyembuhan kulit yang rusak.

6. Manfaat Buah Leci untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan fosfor dan magnesium yang tinggi pada leci dapat menjaga kesehatan tulang. Selain itu kanudngan mineral seperti tembaga dan mangan bermanfaat untuk memperkuat tulang rapuh. Mineral seng, tembaga akan meningkatkan efektivitas vitamin D dan mempengaruhi asimilasi kalsium yang memelihara kesehatan tulang.

7. Manfaat Buah Leci untuk  Meningkatkan Daya Tahan Tubuh (Imun)

Sebagaimana sudah disebutkan di atas, buah leci mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita, Dengan rutin mengkonsumsi buah leci maka tubuh kita memiliki kemampuan untuk melawan atau resistensi terhadap agen infeksi dan mengurangi inflamasi radikal bebas yang berbahaya. Hal yang menguntungkan bagi yang menderita demam dan sakit tenggorokan. Leci membantu juga masalah pencernaan untuk mendapatkan nutrisi maksimal bagi tubuh. Vitamin C yang baik untuk kulit kita, tulang dan jaringan dan karena itu adalah vitamin yang sangat penting bagi tubuh kita.

8. Manfaat Buah Leci untuk Menangkal Radikal Bebas

Leci juga bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Hal ini dikarenakan kandungan polifenol pada buah ini, oligonol mengandung antioksidan yang juga membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi berat badan dan melindungi kulit dari sinar UVA yang berbahaya. Oligonol menurunkan lemak dan meningkatkan sirkulasi darah sampingan, menurun pasca latihan kelelahan, meningkatkan stamina serta mengurangi garis-garis wajah dan bintik-bintik coklat.

9. Manfaat Buah Leci untuk Metabolisme Tubuh

Kandungan vitamin B komplek pada buah leci sangat bermanfat untuk tubuh kita, salah satunya adalah membatu metabolisme tubuh. Vitamin B komplek berupa thiamin, riboflavin, niasin, dan folat akan membantu tubuh untuk metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Tinggi Beta karoten yang memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan fungsi hati dan organ lainnya.

10. Manfaat Buah Leci untuk Mencegah Penuaan Dini

Kabar gembira untuk anda, buah ini ternyata juga dapat mencegah penuaan dini, seperti keriput, garis hitam atau flek pada wajah dan bagian kulit lainnya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, leci merupakan sumber yang kaya vitamin C dan merupakan antioksidan kuat untuk melawan radikal bebas. Hal ini juga berisi oligonol yang berjuang penuaan dan mengurangi bintik-bintik darks. Dengan demikian, konsumsi leci atau menggunakannya dalam kemasan wajah efektif dalam menghilang tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus dan bintik-bintik gelap.

11.Manfaat Buah Leci untuk Memelihara Rambut Sehat

Nah ini dia manfaat leci untuk kecantikan yang terakhir, yaitu untuk memelihara kesehatan rambut. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang berperan aktif dalam menjaga integritas mikro sirkulasi, sehingga menjamin pasokan darah yang memadai untuk folikel rambut. 
 
Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan? Itulah 11 Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan dan Kecantikan yang harus anda ketahui, semoga bermanfaat. Baca juga 6 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan yang Luar Biasa.