23 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami

Manfaat Buah Delima | Menerapkan pola hidup sehat perlu dilakukan sejak dini, salah satu cara untuk menerapkan pola hidup sehat adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan. Buah mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita, seperti aneka vitamin, mineral, serat dan berbagai nutrisi lainnya untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat.

Salah satu buah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan adalah buah delima. Buah yang berwarna merah merona ini memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita. Kini, ada banyak produk minuman sehat yang mengandung buah delima, namun tentu saja hanya sedikit sekali dari ektrak buah ini yang terdapat di dalamnya. Kalau anda bisa mengambil manfaatnya secara langsung kenapa harus sebagian.


Berikut ini adalah Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami yang harus anda ketahui. Sebelumnya, perlu anda ketahui bahwa buah ini terdapat 3 varian, putih, merah dan hijau.

1. Manfaat Buah Delima untuk Perawatan Gigi


Manfaat pertama dari buah ini adalah dapat menjaga kesehatan gigi anda. Sifat antibakteri dan antivirus yang akan membantu untuk mengurangi efek plak gigi dan melindungi terhadap berbagai penyakit mulut.

2. Manfaat Buah Delima untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Selain menajga kesehatan gigi, buah ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung kita. Sebuah percobaan yang dilakukan pada tahun 2005 oleh 45 pasien dengan penyakit jantung koroner menunjukkan bahwa minuman jus delima harian yang diberikan selama tiga bulan membuat aliran darah ke jantung lebih lancar dan resiko yang lebih rendah terkena serangan jantung. Studi ini tidak mengatakan apa arti hasil untuk kondisi seperti serangan jantung, dengan demikian hasil positif yang dilaporkan bisa turun secara kebetulan.

3. Manfaat Buah Delima untuk Stenosis arteri karotis

Selain untuk kedua manfaat di atas, buah ini juga sudah mampu mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh kolesterol dalam arteri, dan juga mengurangi kolesterol. Namun, efek ini tidak jelas dipahami untuk kondisi seperti stroke.

4. Manfaat Buah Delima untuk Mencegah Kanker Prostat

Satu studi kecil pada tahun 2006 menemukan bahwa minum 227 ml harian jus delima secara signifikan akan memperlambat kemajuan kanker prostat pada pria dengan kanker prostat berulang. , namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menemukan bukti yang mendukung temuan ini.

5. Manfaat Buah Delima untuk Mengatasi Gangguan Perut


Kupas buah delima dan gunakan untuk menenangkan gangguan lambung atau diare yang disebabkan oleh setiap jenis masalah pencernaan. Minum teh yang terbuat dari daun buah ini juga membantu dalam menyembuhkan masalah pencernaan. Jus buah delima juga digunakan untuk menangani masalah seperti disentri dan kolera.

6. Manfaat Buah Delima untuk Menghindari Anemia


Aliran darah yang sehat dapat dipertahankan dalam tubuh dengan mengonsumsi buah ini dalam bentuk apapun. Persediaan delima untuk zat besi dalam darah, akan membantu mengurangi gejala anemia, termasuk kelelahan, pusing, kelemahan, dan gangguan pendengaran.

7. Manfaat Buah Delima untuk Mencegah Osteoarthritis


Delima membantu mengurangi penyakit dari berbagai bentuk termasuk aterosklerosis dan osteoarthritis. Kerusakan yang disebabkan karena penebalan dan pengerasan dinding arteri, tulang rawan dan sendi dapat disembuhkan dengan memakan buah ini. Buah delima mampu mencegah pembentukan enzim yang bertanggung jawab terhadap jaringan ikat dalam tubuh.

8. Anti Penuaan


Diet jus delima dapat membantu memperlambat proses penuaan yang akan mengurangi keriput dan garis-garis halus yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Hal ini juga akan membantu mempertahankan regenerasi sel-sel kulit dan mencegah pigmentasi berlebihan dan terjadinya bintik-bintik gelap.

9. Cocok Bagi Semua Jenis Kulit


Jus buah delima dapat bekerja dengan ajaib untuk kulit kering. Struktur molekul yang kecil akan menembus jauh ke dalam kulit untuk memberikan kelembaban yang cukup dan hidrasi pada kulit. Oleh karena itu jus delima akan menenangkan kulit kering dan teriritasi. Jus buah delima juga bermanfaat bagi kulit yang rentan berminyak. Penerapan jus delima pada kulit berminyak mencegah wabah jerawat dan mengontrol produksi sebum.

10. Membantu Menyembuhkan Luka


Delima membantu dalam regenerasi sel-sel kulit di lapisan kulit epidermis dan dermis. Jus delima memiliki kemampuan untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Bahkan minyak biji delima yang sarat dengan nutrisi, ramah akan kulit yang bermanfaat bagi penguatan dan regenerasi epidermis. Hal ini juga melindungi kulit dari sinar matahari dan menyembuhkan kerusakan yang disebabkan pada kulit akibat paparan sinar matahari yang terus-menerus.

11. Meningkatkan Tekstur Kulit


Delima juga dikenal untuk memperpanjang umur fibroblas yang bertanggung jawab untuk produksi kolagen yang mengencangkan kulit dan mencegah pembentukan garis-garis halus dan kerutan. Kolagen akan memberikan kekuatan dan dukungan pada kulit. Delima juga sangat berguna untuk mencerahkan warna kulit. Minum segelas jus delima setiap hari untuk membuat warna kulit merata.

12. Mencerahkan Warna Kulit


Campurkan 1 sendok teh manfaat buah pepaya hijau, minyak biji anggur dan ekstrak biji anggur dengan 2 sendok teh jus delima dan terapkan pada wajah. Biarkan selama sekitar satu jam dan cuci dengan air hangat. Gunakan bola kapas untuk menerapkan jus delima secara langsung pada wajah setelah membersihkan.

13. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Manfaat buah delima yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh kita. Hal ini dikarenakan adanya kandungan senyawa antioksidan yang cukup tinggi dalam buah ini. Kandungan senyawa antioksidan inilah yang membantu tubuh menangkal radikal bebas penyebab munculnya penyakit dalam tubuh.

14. Menormalkan Siklus Haid

Ini dia manfaat buah delima untuk kesehatan wanita yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Bagi anda yang sering mengalami siklus bulanan tidak rutin, makan buah ini membantu anda untuk mengendalikan siklus anda agar bisa rutin kemabli. Hal ini dikarenakan adanya berbagai kandungan mineral alami, mulai dari zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan masih banyak lagi.  Kandungan-kandungan mineral alami inilah yang dipercaya mampu menggantikan senyawa yang hilang saat Anda mengalami menstruasi.

15. Menurunkan Resiko Obesitas

Anda sedang menjalankan program diet? Anda dianjurkan untuk mengonsumsi air rebusan daun delima secara rutin. sebab menurut Li Jun Du dari Tsinghua University di Jepang, manfaat daun delima bagi penurunan nafsu makan sangatlah besar.  Sehingga hal tersebut tidak akan membuat Anda mengalami peningkatan berat badan (obesitas) karena nafsu makan yang berlebihan.

16. Mengobati Sariawan

Buah ini juga bermanfaat untuk mengatasi sariawan, caranya ambil dua buah delima segar yang sudah masak. Ambil isi berikut bijinya, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan satu gelas air sambil diaduk merata, lalu saring. Gunakan airnya untuk berkumur, lalu telan. Lakukan 2--3 kali sehari, sampai sembuh.

17. Mengobati Batuk Menahun

Anda mengalami batuk yang sangat lama atau bisa dibilang batuk menahun? Obati dengan buah delima, caranya ambil sebuah delima yang belum terlalu masak. Setiap malam sebelum tidur, kunyah biji delima tersebut. Buang bijinya.

18. Mengatasi Tenggorokan Kering dan Suara Serak

Buah ini juga bisa digunakan untuk megnatasi tenggorokan kering dan suara serak. Caranya ambil sebuah delima segar, belah, dan ambil isinya. Kunyah, lalu buang bijinya. Lakukan 2--3 kali sehari.

19. Mengobati Cacingan

Anak anda mengalami cacingan? Basmi dengan menggunakan campuran jus buah delima dengan jus wortel, masing-masing setengah gelas. Aduk sampai merata, lalu minum sekaligus.

20. Untuk Tekanan Darah Tinggi

Buah ini juga berkhasiat untuk menekan tekanan darah tinggi. Jus buah delima jika diminum setiap hari akan dapat menurunkan tekanan darah tinggi hingga 5 %. Ini juga merupakan cara terbaik, yang sekaligus akan menjaga kesehatan seluruh tubuh.

21. Mencegah Penyakit Alzheimer

Ini dia salah satu manfaat buah delima yang sangat luar biasa, karena jika buah delima dikonsumsi setiap hari, akan bisa membantu  mencegah penyakit Alzheimer. Dan jika dimakan oleh orang yang sudah terkena penyakit ini, maka akan memperlambat perkembangannya. Hal ini juga akan meningkatkan otak penderita, dan akan membantu untuk melakukan kegiatan sehari-hari dengan baik dan lebih aktif.

22. Mencegah Osteoarthritis

Jus buah delima jika diminum setiap hari bisa memberikan kekuatan untuk tulang, serta mencegah kondisi osteoarthritis.

23. Mengobati Luka dan Radang Kulit

Manfaat buah delima yang terakhir dari kami adalah untuk mengobati luka dan radang pada kulit. Ekstrak buah delima sama dengan salep apapun untuk mengobati peradangan kulit. Hal ini karena delima mengandung polifenol, serta senyawa lain yang memiliki sifat anti inflamasi. Biji delima juga memiliki sifat penyembuhan yang sangat baik, sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka akibat goresan. Mengkonsumsi buah delima, serta menerapkan ekstrak atau minyak biji delima akan mempercepat penyembuhan kulit luka dan infeksi. Selain itu, luka yang diobati tidak meninggalkan bekas setelah sembuh.

Jus buah delima jika diminum setiap hari akan dapat menurunkan tekanan darah tinggi hingga 5 %. Ini juga merupakan cara terbaik, yang sekaligus akan menjaga kesehatan seluruh tubuh. - See more at: http://www.tipscaramanfaat.com/manfaat-buah-delima-untuk-kesehatan-dan-kecantikan-1808.html#sthash.JJVMqsRv.dpuf