14 Manfaat Buah dan Daun Sukun untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami

14 Manfaat Buah dan Daun Sukun untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami | Sukun merupakan salah satu buah yang cukup populer ditengah masyarakat kita. Buah ini biasanya diolah menjadi aneka jajanan, bisa menjadi gorengan atau aneka cake. Siapa sangka ternyata buah sukun memiliki banyak manfaat untuk kesehata.

Sebelum kita bahas apa saja Manfaat Buah dan Daun Sukun untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami ada baiknya kalau sedikit berkenalan dengan buah yang mirip dengan durian, nangka atau cempedak ini. Buah ini termasuk ke dalam keluarga Moraceae, dengan nama Latin Artocarpus altilis. 

Buah sukun sendiri memiliki cukup banyak kandungan nutrisi, diantaranya adalah berikut ini:

Kandungan Nutrisi Buah Sukun

  • Karbohidrat
  • Protein
  • Serat  
  • Lemak
  • Niacin
  • Folates
  • Pyridoxine
  • Thiamin
  • Riboflavin
  • Vitamin A
  • Vitamin E
  • Vitamin C
  • Vitamin K
  • Sodium
  • Kalsium
  • Kalium
  • Tembaga
  • Magnesium
  • Besi
  • Mangan
  • Selenium
  • Fosfor
  • Seng
  • Karoten-ß -
  • Lutein-zeaxanthin
  • Crypto-xanthin-ß
Sangat banyak sekali bukan? Sangat pantas kalau buah ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Daun sukun berkhasiat untuk mengobati penyakit ginjal, asam urat dan banyak penyakit lainnya, selengkapnya akan dibahas berikut ini:

Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan

Manfaat Buah dan Daun Sukun untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami
Berikut ini adalah daftar manfaat daun sukun untuk kesehatan yang harus anda kethaui:

1. Daun Sukun Obat Penyakit Ginjal

Manfaat pertama dari daun sukun adalah untuk mengobati ginjal, hal ini dikarenakan daun sukun mengandung saponin, polifenol, asam hidrosianat, kalium, asetilkolin, tannin, riboflavin, dan phenol. Kalium membuat batu ginjal berupa Ca-oksalat tercerai-berai. Endapan batu ginjal akhirnya larut keluar bersama urine. Meski belum terbukti secara ilmiah, penggunaan daun sukun untuk penderita penyakit ginjal menunjukkan indikator perbaikan kondisi. Perbaikan kondisi tersebut berupa hilangnya pembengkakan dan berkurangnya kandungan protein dalam urine. Bahkan, kandungan protein dalam urine pada beberapa orang testimoni pengguna teh daun sukun menunjukkan nilai yang negatif.



2. Mengobati Asam Urat

Manfaat yang kedua adalah untuk mengatasi asam urat, caranya adalah dengan mencampur segenggaman daun sukun yang telah dikeringkan dan menyeduhnya dengan air mendidih ditambah dengan gula batu atau madu untuk mengurangi rasa pahit yang ditimbulkan dari getah daun sukun.

Selain daunnya, buah sukun juga memiliki manfaat untuk kesehatan khususnya untuk diet kalori. Karena, pada buah sukun mengandung kalori rendah dibandingkan dengan beras. “Tetapi kandungan vitaminnya juga lengkap, jadi makan sukun sama saja makan-makanan bervitamin,” kata Ning.

3. Mengobati Sakit Jantung

Kemudian, daun sukun juga dapat mengatasi sakit jantung, hal ini didasari penelitian Pusat Penelitian Kimia LIPI bersama dengan pakar peneliti lainnya, ternyata diketahui bahwa ekstrak daun sukun (Artocarpus altilis) mengandung flavonoid dan sitosterol yang berkhasiat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Menurut DR. Tjandrawati M. Ozef dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyatakan, uji khasiat baik secara in vitro ( menggunakan media) maupun in vivo (melibatkan sel hidup) terhadap ekstrak tanaman tersebut telah menunjukkan hasil sangat baik.

Kesimpulannya, daun sukun bisa melindungi jantung, karena mampu menurunkan kadar kolesterol darah secara signifikan dan mampu menghambat akumulasi pada dinding pembuluh darah aorta.


4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Jika anda memiliki kadar kolesterol tinggi, daun sukun juga dapat digunakan untuk menurunkannya. Caranya, segengggam daun sukun yang telah dikeringkan dan bangle diseduh dengan air panas, lakukan hal sama seperti ketika anda sedang membuat teh, dan ramuan tersebut dapat diminum setiap hari.


5. Mencegah Inflamasi dan Peradangan

Daun sukun juga bermanfaat untuk mencegah peradangan dan inflamasi. Caranya cuci bersih 1 lembar daun sukun yang sudah tua, lalu rebus daun sukun dengan menggunakan 5 gelas air. Setelah air mendidih dan juga air rebusan trersebut tersisa menjadi separuhnya, kemudian tambahkan kembali air, saring air daun sukun tersebut dan siap untuk diminum langsung, minum lah dengan rutin.


6. Menurunkan Kadar Gula Darah

Berdasarkan hasil riset Puspa DN Lotulung, Sofa Fajriah, Andini Sundowo, dan Euis Filaila dari Pusat Penelitian Kimia LIPI menujukkan bahwa senyawa flavonoid daun sukun yang berhasil diisolasi, yaitu 8-geranyl-4,5,7-trihydroxyflavone bersifat sebagai anti diabetes yang kuat.

Khasiat daun sukun sebagai herbal bagi penderita diabetes juga dibuktikan oleh peneliti dari UGM., Nublah, SP. Penelitian tersebut dilakukan dengan menguji pemberian ekstrak daun sukun pada tikus jantan galur wistar yang diberi glukosa monohidrat sehingga mengalamu hiperglikemia. Pemberia 1,35 g guloksa monohidrat per 200 g bobot badan menyebabkan kadar gula darah tikus naik dari 88,96 mg/dl menjadi 173,95 mg/dl.

Manfaat Buah Sukun untuk Kesehatan 

Nah, berikut ini adalah daftar manfaat buah sukun untuk kesehatan yang harus anda ketahui:


7. Kaya Kandungan Serat


Bagi para pengidap diabetes buah sukun sangat bemanfaat karena kandungan seratnya yang dapat mengurangi penyerapan gula oleh tubuh. Menurut penelitian menunjukan bahwa bila kita mengkonsumsi buah sukun secara rutin dapat mengurangi resiko diabetes dan kadar gula dalam darah dapat terkontrol.


8. Kenyang Lebih Lama


Buah sukun sering dijadikan makanan pengganti nasi pada saat seseorang menjalani diet karena buah ini tanpa meningkatkan asupan kalori dapat memberikan rasa kenyang yang tahan lama. Sehingga seseorang merasa aktif dan energik saat mengkonsumsinya.


9. Sumber omega 6 dan omega 3


Menurut para ahli bahwa memakan buah sukun dapat membantu anak yang sedang tumbuh dalam perkembangan dan membantu pertumbuhan otak besar mereka karena kandungan asam lemak omega 3 di dalam buah sukun. Ditambah lagi adanya sepasang asam lemak esensial ini juga baik untuk kesehatan jantung. 


10. Mengatasi Susah Buang Air Besar


Kadar serat yang tinggi pada buah sukun dapat berperan dalam melancarkan buang air besar dengan cara rutin mengkonsumsi nya. Selain itu juga dapat mengeluarkan racun dari usus.


11. Diet Sehat


Untuk orang yang menderita obesitas, buah sukun merupakan pilihan yang tepat. Mempunyai jumlah serat yang tinggi dan lebih sedikit kalori sangat ideal untuk dimasukan ke dalam daftar menu diet Anda.


12. Menjaga Kecantikan Kulit


Adanya kandungan omega 3 dan omega 6 dalam buah sukun sangat bagus untuk kecantikan kulit.  Selain itu buah sukun juga kaya dengan kandungan  vitamin C yang juga bagus untuk kesehatan kulit.


13. Sumber Antioksidan


Mengkonsumsi buah sukun secara teratur akan membuat kulit sehat baik luar maupun dalam. Menurut penelitian terbaru ditemukan antioksidan dalam buah sukun yang baik untuk mencegah terjadinya infeksi kulit. Dengan memakan buah sukun secara wajar seseorang akan mendapatkan kulit yang halus dan bersinar.


14. Menjaga Kesehatan Rambut

Adanya kandungan asam lemak omega 6 pada buah sukun sangat bermanfaat bagi kesehatan folikel rambut. Hasil yang didapatkan rambut tidak mudah rontok, sehat dan menguatkan akar rambut serta mencegah kebotakan. Malahan manfaat buah sukun mampu mengusir timbulnya ketombe pada rambut. 

Sumber:
Manfaat Daun Sukun untuk Obat Penyakit Kronis (http://manfaatbuahdaun.blogspot.com/2013/11/manfaat-daun-sukun-untuk-obat-penyakit.html)

Baca juga: