6 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami | Bawang putih merupakan bahan untuk masak yang wajib harus ada. Dengan bawang putih masakan akan lebih gurih, harum dan menambah selera makan kita.

Bawang putih memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Dengan menggunakan bawang putih kita bisa membuat rambut menjadi lebih subur, hal ini dikarenakan kandungan allicin pada bawang putih, dan masih ada beberapa lagi manfaat bawang putih yang lainnya. Apa saja? Berikut ini diantaranya:

 Kandungan Nutrisi Bawang Putih

1. Kalsium
2. Protein
3. Lemak
4. Fosfor
5. Zat Besi
6. Vit. A, B1, C
7. Diallysulfide
8. Minyak Atsiri

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami
Dari kandungan nutrisi yang ada di dalam bawang putih sangar wajar kalau ada banyak Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami, diantaranya adalah:

1. Dapat Menyuburkan Rambut

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kandungan senyawa Allicin yang berguna mengatasi rambut rontok. Caranya dapat d blender hingga halus dan oleskan kepada kulit kepala, atau belah dan gosokan di kulit kepala, dapat ditambah dengan minyak dan pijat lembut pada kulit kepala.

2. Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Bawang putih jgua apat menghilangkan bekas jerawat, tidak hanya bekas jerawat, kandungan antioksidan pada bawang putih berfungsi melindungi kulit dari bakteri, menghilangkan bekas luka ditubuh. Caranya sama hanya dengan gosokan bawang pada noda yang hitam lalu diamkan beberapa menit lalu bilas. Pada luka yang sudah kering, lakukan rutinitas pengolesan bawang putih hingga bekas luka menghilang.

3. Melawan Kanker

Ternyata bawang putih juga dapat mencegah kanker. Kandungan bawang putih dapat menolak pembentukan sel kanker, dan membentuk DNA. Menurut ilmuwan di Amerika Serikat, kandungan bawang putih yang memilik senyawa sulfur yang berfungsi sebagai pro oksidan, yang dapat membunuh sel-sel kanker secara perlahan.

4. Mengobati Flu

Jika anda mengalami flu, maka bawang putih bisa menjadi solusi yang tepat. Dengan mengkonsumsi bawang putih setiap hari secara di rebus atau mentah-mentah, dapat melawan penyakit flu, hal ini karena bawang putih mengandung germanium.

5. Meningkatkan Stamina

Berdasarkan penelitian Tadashi Watanabe, ilmuan Jepang yang melakukan uji coba pada sekelompok tikus yang dibagi 2. 1 kelompok diberi makan sehat tanpa kandungan bawang putih, dan 1 kelompok lagi diberi makan yang kaya akan bawang putih. Lalu 2 kelompok tersebut dicemplungkan ke kolam secara bersamaan, dan terbukti bahwa kelompok yang diberi makan dengan bawang putih dapat berenang lebih cepat dari tikus yang hanya memakan makanan sehat. Hal ini dapat diasumsikan bahwa bawang putih juga dapat mengubah suatu lemak menjadi energi dan stamina.

6. Pengobatan Wasir

Bila mengalami wasir, bawang putih dapat dijadikan juice dengan cara bersihkan daerah wasir dengan air hangat dan sabun, lalu haluskan beberapa siung bawang putih dan oleskan kepada wasir lalu tunggu beberapa menit dan bilas.

Tips Mengkonsumsi Bawang Putih

Agar mulut tidak bau saat mengkonsumsi bawang putih:
1. Meminum kopi / teh hangat
2. Mengunyah Kulit Limau
3. Merebus / menggoreng bawang putih hingga kering
4. Atau dapat mengkonsumsi bawang putih sebagai bumbu dapur dengan takaran yang banyak

Bagaimana? Ternyata sangat luar biasa bukan? Itulah beberapa Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami, baca juga: