40 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami

40 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan | Halo, selamat daang para pembaca blog manfaat buah bagi kesehatan dimanapun anda berada. Kesehatan kita merupakan salah satu nikmat dair Allah SWT yang harus kita jaga dan kita syukuri. Salah satu cara untuk mensyukuri nikmat sehat adalah dengan menjaga tubuh kita dari barang yang haram dan dilarang.

Allah SWT sudah menyediakan banyak sekali makan dan minuman di dunia ini yang bisa kita makan dan minum, begitu juga yang yang tidak boleh kita makan dan tidak boleh kita minum. Ada yang halal dan baik, ada yang halal tapi tidak baik.

Maka dari itu, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi yang baik dan halal. Semua kebutuhan kita sudah isediakan oleh alam. Jadi saat kita sakit juga. Kita sebenarnya bisa memanfaatkan aneka herbal yang ada di alam, salah satunya adalah jeruk nipis. Jeruk nipis yang berukuran kecil ini ternyata ada sejuta manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan tubuh kita.

Kandungan Nutrisi Jeruk Nipis

Sebelum kita bahas apa saja manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan, ada baiknya kalau ktia mengetahui kandungan nutrisi di dalam jeruk nipis. Dalam kandungan 100 g jeruk nipis, terdapat kalori 51 kal, protein 0,9 g, lemak 0,2 g, karbohidrat 11,4 g, mineral 0,5 g, kalsium 33 mg, fosfor 23 mg, besi 0,4 mg dan asam askorbat 49 mg. 
Selain nutrisi di atas, jeruk nipis juga mengandung vitamin C yang tinggi,asam sitrat, asam amino (triptofan, lisin), minyak atsiri (sitral, limonen, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linali-lasetat, aktilaldehid, nildehid) damar, glikosida, asam sitrun, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang vitamin B1 dan C. Sedangkan daun, buah dan bunganya mengandung minyak terbang.
40 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Alami

Jeruk nipis ini sangat bermanfaat untuk perawatan kecantikan wajah, kulit, rambut, menghilangkan komedo, ketombe, dan lain sebagainya, selengkapnya adalah sebagai berikut ini:

1. Manfaat Jeruk Nipis untuk Menghilangkan Jerawat

Manfaat jeruk nipis untuk jerawat sudah tidak diragukan lagi. Sudah banyak sekali mereka yang melakukannya, baik untuk menghilangkan jerawat secara alami maupun untuk menghilangkan bekas jerawat. 

Inilah salah satu manfaat yang sangat luar biasa dari jeruk nipis. Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis terbilang cukup mudah, aplikasikan jeruk nipis di wajah. Caranya, teteskan perasan jeruk nipis di atas kapas, lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 10 hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin.
Coba juga 3 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dengan Buah-Buahan

2. Manfaat Jeruk Nipis untuk Merawat Kulit Wajah

Selain untuk menghilangkan jerawat, jeruk nipis juga bermanfaat untuk merawat keindahan kulit kita. Cara merawat wajah dengan jeruk nipis juga sangat mudah sekali, yaitu usapkan air perasan jeruk nipis di wajah, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah 15 menit, bilas wajah anda dengan air sampai bersih. Cara ini dapat membuat kulit wajah anda menjadi lebih bersih, halus, putih dan juga bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori kulit sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat. Jika anda ingin membuat kulit wajah anda menjadi kenyal dan juga bersih, yang dapat anda lakukan adalah mencampurkan perasan jeruk nipis dengan putih telur lalu oleskan pada wajah. Setelah olesan jeruk nipis dan putih telur tersebut mengering, segera bilas dengan air hangat sampai bersih.
Baca juga Cara Merawat Kulit dan Wajah agar Putih dan Cantik dengan Semangka

3. Manfaat Jeruk Nipis untuk Memutihkan Kulit Wajah

Salah satu cara memutihkan kulit wajah secara alami adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Bagaimana caranya? Sediakan 1 sdm bubuk kunyit, 1 sdm susu bubuk dan 100 ml air perasan jeruk nipis. Caranya, Campurkan semua bahan, kemudian aplikasikan pada wajah secara merata sampai ke leher. Biarkan kering sekitar 20 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air hangat. Dan akhiri dengan membilasnya menggunakan air dingin.

4. Manfaat Jeruk Nipis untuk Merawat Kesehatan Rambut

Jika anda ingin memiliki rambut yang sehat dan cantik, anda bisa menadapatkannya dengan melakukan perawatan secara alami menggunakan jeru nipis. Bagaimana caranya? Basuh rambut dengan air hangat yang sudah dicampur dengan air perasan jeruk nipis. Setelah itu, diamkan rambut sebentar dan bilas lagi dengan air dingin sampai bersih (dianjurkan untuk memakai shampo). Cara ini sangat efektif untukmengatasi beberapa masalah rambut seperti kulit kepala berminyak, rambut berketombe rontok, dan rambut yang sulit diatur. Caranya cukup simpel, yaitu hanya dengan

5. Manfaat Jeruk Nipis untuk Menghilangkan Bau Badan

Bau badan mungkin terkesan sepele, namun cukup mengganggu. Nah, salah satu cara ampuh menghilangkan bau badan adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Caranya  belah jeruk nipis, olesi bagian dalam jeruk nipis dengan kapur sirih,kemudian oleskan di ketiak anda setelah habis mandi dan diamkan selama 5 menit lalu bilas dengan air.

6. Manfaat Jeruk Nipis untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

Sel kulit mati akibat debu, polusi, bekas jerawat atau karena paparan sinar UV bisa diatasi dengan menggunakan jeruk nipis. Cara mengangkak sel kulit mati dengan jeruk nipis pun sangat mudah sekali, yakni  gunakan air jeruk nipis murni dan oleskan ke kulit wajah dengan bantuan kapas. Kandungan AHA (alpha hydroxy acids) dalam buah jeruk nipis mampu mengangkat sel-sel kuliat mati yang ada diwajah kita. Hal ini telah terbukti dengan adanya berbagai macam penelitian. Kulit yang bersih dapat membuat pori-pori bernapas lebih bebas, mendorong pembentukan kulit baru yang lebih sehat, dan menjaga elastisitas kulit.

7. Manfaat Jeruk Nipis untuk Membersihkan Komedo

Anda memiliki komedo di hidung atau sekitar hidung? Hmm cara ampuh untuk menghilangkan komedo bisa anda lakukan dengan menggunakan jeruk nipis. Gosokkan air jeruk nipis ke seluruh wajah yang banyak terdapat komedo setiap malam. Biarkan saja semalaman dan bilas keesokan paginya. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

8. Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah Sehat dan Bersinar

Memiliki wajah cantik dan bersinar adalah dambaan setiap wanita, anda bisa mendapatkannya dengan melakukan perawatan wajah menggunakan jeruk nipis. Lakukan dengan cara yang sama di atas  seperti cara no 2.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan? Nah, berikut ini adalah manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh yang perlu kita ketahui:

9. Manfaat Jeruk Nipis untuk Ambeien

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang pertama adalah dapat mengatasi ambeien. Caraya adalah sediakan 10 gr akar pohon jeruk nipis dicuci bersih, lalu direbus dengan air 1 liter selama 1/2 jam, lalu saring. Diminum hangat-hangat 3 kali sehari.

10. Manfaat Jeruk Nipis untuk Anyang-anyangan

Dua jeruk nipis dicuci, diperas lalu diberi gula batu secukupnya dan 1 gelas air panas. Aduk hangat-hangat, minum sekaligus sehari sekali.

11. Manfaat Jeruk Nipis untuk Batuk disertai Influenza

Potong sebuah jeruk nipis masak dan mengandung air yang cukup banyak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 60 cc air panas. Tambahkan 1/2 sendok teh air kapur sirih sambil diaduk rata. Minum ramuan ini 2 kali sehari 2 sendok makan.

12. Manfaat Jeruk Nipis untuk Batu Ginjal

Dua butir perasan jeruk nipis kampung diencerkan dengan 2 gelas air hangat, minum setelah makan malam. Lakukan tiap hari selama 10 hari.

13. Manfaat Jeruk Nipis untuk Difteri

Dua jeruk nipis dicuci, diperas airnya. Seduh dengan 1 gelas air panas ditambah 1 sendok makan madu. Gunakan untuk berkumur selama dua menit saat masih hangat, lalu diminum. Lakukan 3 kali sehari.

14. Manfaat Jeruk Nipis untuk Demam atau Flu

Cara 1:
Satu jeruk nipis dicuci lalu diperas, tambah dengan 3 siung bawang merah yang telah dilumatkan dan 1 sendok makan minyak kelapa. Oleskan pada kening penderita.
Cara 2:
Satu jeruk nipis dipanggang sebentar, dipotong, lalu diperas, tambahkan 1 sendok makan madu. Minum sekaligus.

15. Manfaat Jeruk Nipis untuk Haid Tidak Teratur

Tiga sendok makan air jeruk nipis ditambah 1 sendok makan madu dan 2 gelas air panas diaduk rata. Minum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari

16.  Manfaat Jeruk Nipis untuk Sehabis Melahirkan

Satu sendok makan kapur sirih ditambah 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 butir perasan jeruk nipis kampung, diaduk sampai rata, balurkan pada perut. Lakukan selama 3 bulan tiap hari sehabis mandi, agar perut terhindar dari keriput, tetap halus dan kempis seperti sediakala.

17. Manfaat Jeruk Nipis untuk Melebatkan Rambut

Satu butir kuning telur ayam kampung dikocok dengan perasan 3 butir jeruk nipis kampung sampai rata. Gosokkan pada kulit kepala, pijit-pijit sampai merata, biarkan selama 2 jam baru dibilas dengan sampo merang agar rambut menjadi mengkilap dan lebat.
Sampo merang dibuat dari 1 ikat merang, dibakar sampai menjadi arang, bukan abu, rendam dalam air dan biarkan semalaman. Saring, dan sampo merang siap untuk keramas.

18. Manfaat Jeruk Nipis untuk Menghentikan Kebiasaan Merokok

Iris 1 jeruk nipis, isap lalu minum air putih. Lakukan beberapa kali sehari.

19. Manfaat Jeruk Nipis untuk Vertigo

Setengah genggam daun jeruk nipis dilumatkan. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis. Gosokkan ke tengkuk, pelipis, dan dahi. Lakukan 2 kali sehari.

20. Manfaat Jeruk Nipis untuk Radang Tenggorokan

Potong 3 buah jeruk nipis masak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 1/2 cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu sambil diaduk rata. Selagi hangat, gunakan ramun ini untuk berkumur selama 2-3 menit. Lakukan 3 kali sehari.

21. Manfaat Jeruk Nipis untuk Lendir di Tenggorokan

Potong 2 buah jeruk nipis, peras airnya, tampung di gelas. Tambahkan sedikit garam, lalu aduk sampai rata. Ramuan ini dapat diminum pada saat perut kosong.

22. Manfaat Jeruk Nipis untuk Kurap atau Panu

Cuci 1 genggam akar landep (Barleria prionitis L.) sampai bersih, lalu tumbuk halus. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis sambil diaduk rata. Balurkan pada bagian kulit yang terkena kurap atau panu, lalu balut dengan kain perban. Ganti balutan 2 kali sehari sampai sembuh.

23. Manfaat Jeruk Nipis untuk Demam/Panas Saat Malaria

Sediakan 3 lembar daun jeruk nipis dan daun kendal (Cordia obliqua Willd.) (Blumea balsamifera L.) , dan 5 lembar daun prasman (Eupatorium triplinerve Vahl.). Rebus bahan-bahan tersebut dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringan tersebut dibagi dua, diminum pagi dan sore.

24. Manfaat Jeruk Nipis untuk Terkilir

Tiga Buah jeruk nipis masak dan banyak airnya dibelah menjadi dua. Masukkan ke dalam poci lalu diseduh dengan 1/2 cangkir air panas, kemudian ditutup. Setelah dingin diambil jeruknya kemudian diperas dan disaring. Tambahkan 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 sendok makan minyak gandapura. Ramuan ini dipakai untuk mengurut bagian yang cedera. Setelah itu minum 3/4 gelas air kelapa hijau muda. Lakukan 3 kali sehari.

25. Manfaat Jeruk Nipis untuk Pegal Linu

Cuci daun jeruk nipis, daun ketepeng cina, dan daun sambiloto (masing-masing 1/3 genggam), 10 lembar daun sirih, 2 jari akar pepaya, 2 jari akar kepayang, 3 jari akar kelor, dan 10 buah cabai rawit, lalu tumbuk sampai halus. Rendam ramuan tersebut dalam 1 liter alkohol selama 7 hari. Air perasannya dapat digunakan untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit.

26. Manfaat Jeruk Nipis untuk Sakit Gigi

Campurkan air jeruk nipis, gilingan akar kecubung hitam dan gilingan legetan warak masing-masing 1 sendok makan. Tambahkan 3/4 cangkir air garam ke dalamnya, lalu aduk sampai rata. Selanjutnya peras ramuan tersebut dan saring. Gunakan air saringannya untuk berkumur selama beberapa menit, lalu buang. Lakukan 4-6 kali sehari.

27. Manfaat Jeruk Nipis untuk Sakit Gigi

Campurkan air jeruk nipis, gilingan akar kecubung hitam dan gilingan legetan warak masing-masing 1 sendok makan. Tambahkan 3/4 cangkir air garam ke dalamnya, lalu aduk sampai rata. Selanjutnya peras ramuan tersebut dan saring. Gunakan air saringannya untuk berkumur selama beberapa menit, lalu buang. Lakukan 4-6 kali sehari.

28. Manfaat Jeruk Nipis untuk Melangsingkan Badan

Tambahkan air perasan satu buah jeruk nipis ke dalam cangkir air teh hijau. Minum ramuan ini setiap pagi dan sore hari. Lakukan setiap hari.

29. Manfaat Jeruk Nipis untuk Menambah Stamina

Campurkan sebutir kuning telur ayam kampung, air perasan 1 buah jeruk nipis dan sedikit irisan gula merah. Aduk sampai rata, lalu minum. Lakukan sekali dalam seminggu.

30.  Manfaat Jeruk Nipis untuk Tekanan Darah Tinggi

Sediakan 20 kuntum bunga dan 30 lembar daun jeruk nipis. Cuci sampai bersih, lalu tambahkan air perasan 2 buah jeruk nipis. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringannya diminum 3 kali sehari 3/4 gelas. Minum ramuan ini ditambah sedikit madu. Lakukan setiap hari.

31. Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet

Jeruk nipis manis itu rendah kalori, dimana bahan ini merupakan bahan yang sempurna untuk diet rendah lemak. Sebagai gambaran, jika Anda mengonsumsi sekitar 3,5 Oz jeruk nipis manis, maka Anda hanya akan menambah 43 kalori untuk tubuh. Di samping itu, jeruk nipis manis juga rendah kandungan protein sehingga Anda mungkin perlu untuk menambahkan elemen protein untuk diet. Untuk semua alasan ini, jeruk nipis manis adalah pilihan yang bagus bagi mereka yang ingin timbunan lemaknnya cepat terkikis.

32. Manfaat Jeruk Nipis untuk Melancarkan Pencernaan

Jeruk nipis memiliki flavonoid yang meningkatkan produksi empedu, asam, dan cairan pencernaan. Semua hal itu sangat membantu berfungsinya sistem pencernaan dalam tubuh. Dimana kandungan falonoid akan menetralkan cairan pencernaan asam, pengeluaran racun dalam tubuh. Di samping itu, mengonsumsi jeruk nipis manis juga akan menenangkan perut bila Anda menderita muntah, mual, atau diare.

33. Manfaat Jeruk Nipis sebagai Sumber Vitamin

Jeruk kaya akan vitamin C yang mudah membantu memenuhi kebutuhan harian dalam bentuk alami. Seorang pria dewasa membutuhkan 90 miligram vitamin C setiap hari dan perempuan dewasa sekira 75 miligram. Karena setiap porsi jeruk nipis manis berisi minimal 50 miligram Vitamin C, Anda tak perlu khawatir untuk kebutuhan vitamin C setiap hari saat Anda menambahkan jeruk nipis manis di menu harian.

34. Manfaat Jeruk Nipis untuk Sumber Mineral

Jeruk nipis manis sangat kaya akan mineral dimana memiliki kandungan kalium tinggi sekitar 490 miligran dalam satu porsi. Selain kalium, jeruk nipis manis juga memberikan kandungan tembaga, kalsium, besi dan fosfor. Semua kandungan mineral itu memiliki beberapa manfaat kesehatan.

35. Manfaat Jeruk Nipis untuk Mengatasi sembelit

Jeruk dianggap buah terbaik untuk mengeluarkan racun dari saluran usus dan membantu membersihkan lurus. Oleh karena itu, minum air jeruk nipis akan membantu memberikan pengobatan terhadap masalah sembelit. Rasa manis jeruk nipis mengandung serat makanan yang sangat penting untuk mencegah sembelit. Cara terbaik untuk minum jus jeruk nipis dengan menambahkan sedikit garam ke dalam jus.

36. Manfaat Jeruk Nipis untuk Mengobati penyakit kuning

Jeruk nipis manis telah digunakan sebagai obat alami yang efektif untuk mengobati penyakit kuning. Hal ini karena kandungan gizi dalam buah ini membantu dalam meningkatkan fungsi hati dan diyakini memiliki efek meredakan demam dan penyakit kuning.

37. Manfaat Jeruk Nipis untuk Mengatasi masalah buang air kecil

Tingginya jumlah kandungan kalium dalam air jeruk nipis dapat membantu membilas racun dari ginjal dan kandung kemih. Oleh karena itu, minum air jeruk nipis sangat efektif menyembuhkan infeksi kandung kemih.

38. Manfaat Jeruk Nipis untuk Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Rutin mengonsumsi jeruk nipis dapat meningkatkan fungsi jantung dan akhirnya membuat sirkulasi darah meningkat, sehingga tubuh menjadi sehat. Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah ini juga memberikan kesehatan pada sistem kekebalan tubuh.

39. Manfaat Jeruk Nipis untuk Mengobati Batuk

Jika anda terserang batuk, segera cari jeruk nipis karena jeruk nipis ini salah satu obat batuk yang paling mujarab gini caranya,siapkan air hangat secukupnya lalu peras satu buah jeruk nipis dicampur dengan satu sendok makan kecap atau madu kemudian beri sedikit garam, aduk hingga merata dan saring. Jangan lupa minum 2-3 kali sehari untuk meredakan batuk anda tersebut.

40. Manfaat Jeruk Nipis untuk Mengobati Amandel

Anda pasti belum tau bahwa penyakit amandel bisa disembuhkan dengan jeruk nipis. Caranya cuci 3 jeruk nipis dengan air bersih, potong-potong menjadi bagian kecil kemudian rebus dengan 2 gelas air yang mendidih hingga tersisa 3/4 dan saring, dalam keadaan yang hangat gunakan air tersebut untuk berkumur,lakukan 3-4 kali sehari.
Sumber:
  • Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan, Kecantikan, Wajah, Kulit, Jerawat, Rambut (http://manfaatbuahdaun.blogspot.co.id/2013/11/manfaat-jeruk-nipis-untuk-kesehatan.html)
  • 1000 Khasiat Dan Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Dan Kecantikan (http://www.indonews.co.id/1000-khasiat-dan-manfaat-jeruk-nipis-bagi-kesehatan-dan-kecantikan/)
Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan? Apa anda akan menyia-nyiakan manfaat jeruk nipis begitu saja? Tentu saja tidak bukan? Itulah 40 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami yang bisa kita dapatkan. Semoga bermanfaat. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya, agar mereka juga tahu apa saja khasiat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan alami. Baca juga Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan dan Kecantikan Alami