27 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Buah Nanas ternyata tidak kalah dengan buah lainnya seperti buah naga atau buah sirsak. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Sebelumnya manfaat buah kesehatan sudah berbagi Manfaat Buah Nanas untuk Perawatan Kecantikan Kulit Wajah.

Silahkan anda baca artikel tersebut. Selain bermanfaat, nanas juga memiliki efek samping yang tidak boleh anda kesampingkan. Diakhir artikel ini nanti kami bagikan, sekarang kita fokus pada manfaat buah nanas yang bisa kita peroleh.

Sebelum kita kupas manfaat buah nanas tersebut, ada baiknya kita berkenalan dengan buah yang memiliki mahkota ini. Buah yang saat masak berwarna kuning ini kaya akan vitamin A dan C, serat, kalium, fosfor dan kalsium, sehingga tidak heran kalau buah ini sangat bermanfaat untuk kesehatan juga kecantikan tubuh kita.

Buah ini berasal dari Brazil dan kini sudah dibudidayakan di seluruh dunia, kalau di Indonesia, penghasil buah nanas terbesar di Indonesia. Diantara khasiat kesehatan dari buah nanas adalah mengganggu pertumbuhan sel kanker, menghambat penggumpalan trombosit, dan mempunyai aktifitas fibrinolitik. Buah muda rasanya asam, berkhasiat memacu enzim pencernaan, antelmintik, diuretik, peluruh haid, abortivum, peluruh dahak, dan pencahar.

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan 

Manfaat Buah Nanas
Setelah kita sedikit berkenalan dengan buah nanas, nah sekarang kita kupas apa saja manfaat buah nanas untuk kesehatan yang bisa kita peroleh, berikut ini diantaranya:

1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh kita yang pertama adalah untuk menyehatkan sistem pencernaan, hal ini diakrenakan kandungan serat makanan yang berperan untuk menjaga kesehatan usus, tapi tidak seperti banyak buah-buahan dan sayuran lainnya, nanas mengandung sejumlah besar bromelain, enzim yang memecah protein, mungkin membantu pencernaan, menurut American Cancer Society

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat buah nanas yang kedua adalah untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh kita, hal ini dikarenakan kandungan vitamin C buah nanas yang memiliki efek antioksidan yang kuat. Selain itu, nanas mengandung  zat asam amino yang kaya. Zat asam amino membantu peningkatan sistem kekebalan tubuh dan menjaga ketersediaan energi pada tubuh agar tidak kelelahan.

3. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Khasiat buah nanas yang selanjutnya adalah untuk mencegah hipertensi, kandungan kalium yang tinggi pada buah nanas serta kandungan sodium yang rendah, akan membantu menjaga tingkat tekanan darah yang normal.

4. Memperkuat Tulang

Buah nanas juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan tulang. Kandungan kalsium pada buah ini sangat bermanfaat untuk memperkuat tulang kita. Selain kalsium, zat mangan hadir dalam jumlah yang melimpah di dalam nanas dan membantu memperkuat tulang dan jaringan ikat. Secangkir jus nanas akan memberikan sekitar 73% dari mangan yang diperlukan untuk hari. Sebuah studi menunjukkan hasil bahwa mangan bersama dengan mineral lainnya, dapat membantu dalam mencegah osteoporosis pada wanita asca menopause.

5. Pencegahan Degenerasi Makula

Selanjutnya, buah nanas juga berperan dalam pencegahan Degenerasi makula. Degenerasi makula merupakan suatu kondisi orang dewasa yang mengalami kehilangan penglihatan. Gangguan ini menyebabkan kesulitan untuk membaca dan mengenali sesuatu dengan benar. Zat beta karoten yang terdapat pada manfaat wortel, juga ada dalam nanas yang memberdayakan penglihatan dan harus dikonsumsi secara teratur untuk kesehatan mata.

6. Menghilangkan Mual

Nah, bagi ibu hamil yang sering merasa mual jus nanas bisa membantu menguranginya, jus nanas yang segar dapat meredakan rasa mual, misalnya untuk mengatasi morning sickness. Hal ini juga membantu orang-orang yang sedang melakukan perjalanan denga kendaraan, yang sering  menyebabkan mabuk.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A pada buah nanas bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata kita.

8. Mencegah Kanker

Buah nanas juga terbukti ampuh untuk mencegah kanker, kandungan antioksidan yang melimpah dalam buah nanas dapat menangkal berbagai radikan bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kanker yang mematikan tersebut.

9.  Menjaga Kesehatan Gusi dan Gigi

Mengkonsumsi buah nanas juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gusi dan gigi, dengan rutin mengkonsumsi buah nanas dapat membantu menjaga kesehatan gusi anda. Sehingga secara tidak langsung dapat membantu gigi menancap kuat pada gusi anda.

10. Bagus untuk Diet Sehat

Anda sedang menjalankan program diet? Mengkonsumsi buah nanas bisa menjadi salah satu solusinya. Nanas merupakan buah yang tinggi protein dan vitamin C maka nanas merupakan pilihan yang tepat. Selain dapat dimakan secara langsung anda juga dapat menjadikannya jus yang segar.

11. Mengobati Cacingan

Buah nanas juga bermanfaat untuk mengatasi cacingan pada anak, gunakan buah nanas muda, kupas, bersihkan serta cuci dengan air panas. Kemudian nanas muda di parut. Selanjutnya ambil airnya dan minumkan pada anak yang cacingan.

12. Mengatasi Lambung Terasa Penuh

Manfaat buah nanas selanjutnya adalah untuk mengatasi lambung terasa penuh, caranya yaitu dengan meminum jus nanas 3 kali sehari, sebanyak 150 cc. Minum jus nanas ini ½ jam sebelum makan.

13. Mengobati Luka bakar, bisul dan gatal pada kulit 

Anda mengalami luka bakar, atau ada bisul dan gatal? Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan daun nanas. Ambil daun nanas dan tumbuk halus, kemudian balurkan pada luka atau bisul.

14. Mengobati Radang Tenggorokan

Anda mengalami radang tenggorokan? Nah, buah nanas bisa membantu anda mengatasinya. Caranya yaitu dengan mengupas 2 buah nanas yang masak, kemudian blender atau parut. Selanjutnya gunakan kain putih halus untuk memeras airnya. Kumpulkan airnya dan minum 3 kali sehari.

15. Mengatasi peradangan kulit atau dermatitis

Radang kulit juga bisa diatasi dengan menggunakan nanas, caranya, ambil nanas ½ buah, kemudian parut dan gunakan hasil parutan tersebut pada kulit yang terjadi peradangan.

16. Mengobati Beri-Beri

Apa itu penyakit biri-birir? Penyakit ini merupakan jenis penyakit yang diakibatkan oleh kekurangan vitamin B, sehingga terjadi pembengkakan pada tubuh. Untuk mengatasi penyakit ini anda bisa mengobati dengan buah nanas. Kupas 2 buah nanas, kemudian parut dan peras airnya, minum sekaligus. Sebaiknya ini diminum ketika pagi atau ketika sore. 

17. Mengatasi Sembelit

Anda susah BAB? Atasi dengan buah nanas muda, caranya ambil 3 buah nanas muda, kupas dan bersihkan. Kemudian parut dan peras airnya. MInum airnya 2 kali dalam sehari. cukup minum ½ gelas/kali minum.

18. Menghilangkan Ketombe

Masalah ketombe juga bisa diatasi dengan buah nanas, caranya ambil ¼ nanas dan parut serta saring airnya. Kemudian campurkan dengan air dari 1 buah jeruk nipis. Campurkan merata dan bilas dikulit berketombe. Gunakan ramuan ketombe ini pada malam hari, keesokan harinya keramas hingga bersih. Lakukan 2 kali dalam seminggu hingga ketombe anda hilang. 

19. Mengobati Demam dan Batuk

Buah nanas juga berkhasiat untuk mengatasi demam dan batuk, bromelain juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu dalam memerangi infeksi mikroba. Buatlah jus nanas segar guna membantu dalam meredakan sakit tenggorokan, dan mengeluarkan lender penyebab batuk.

Bahkan, minum jus nanas lima kali lebih efektif daripada sirup obat batuk. Selain berkhasiat mengobati batuk, buah nanas juga bisa kamu manfaatkan untuk menyembuhkan demam.

20. Mencegah Osteoporosis

Buah nanas juga bermanfaat untuk mencegah osteoporosis, hal ini dikarenakan kandungan mangan yang ada di dalamnya, mangan sangat penting dalam mengembangkan tulang yang kuat dan jaringan ikat.

21. Mengurangi Penggumpalan Darah

Nanas juga bermanfaat untuk mengurangi penggumpalan darah, hal ini dikarenakan kandungan Bromelain yang berperan mengurangi pembekuan darah dalam tubuh. Oleh karenanya, buah ini sangat pas dikonsumsi mereka yang beresiko mengalami pembekuan darah.

22. Mengurangi Nyeri saat Haid

Nyeri saat haid sering sekali dialami oleh wanita, nah zat bromelain dapat membantu dalam relaksasi otot-otot dan meredakan sakit kram saat menstruasi dan gejala menstruasi lainnya.

Manfaat Nanas untuk Kecantikan Alami 

Selain untuk kesehatan, ternyata juga ada banyak manfaat buah nanas untuk kesehatan, berikut ini diantaranya:

23. Menjaga Keelastisan Kulit

Manfaat buah nanas untuk kecantikan yang pertama adalah untuk menjaga keelastisan kulit, hal ni dikarenakan buah nanas memberikan dukungan terhadap sintesis kolagen dalam tubuh. Semakin tinggi sintesis kolagen akan membuat kulit menjadi lebih elastis. Selain itu, nutrisi lain yang ada di dalamnya seperti asam amino dan vitamin C akan mempengaruhi sel-sel dan jaringan yang rusak agar diperbaiki dengan cepat. Gunakan jus nanas yang baru  pada wajah kemudian cuci menggunakan air hangat setelah 10 menit.

24. Memperbaiki Kaki Kulit

Buah nanas juga berkhasiat untuk memperbaiki kaki kulit, hal ini dikarenakan buah nanas dapat menjadi scrub alami untuk kaki yang membantu dalam peluruhan kaki bersisik, kulit kapalan pada kaki dan mengembalikan kulit kaki menjadi halus dan lembut. Nanas juga dapat menangkan peradangan dan pembengkakan pada kulit kaki yang dipicu kulit kaki yang pecah-pecah.

25. Melembabkan Kulit

Buah nanas juga dapat menjaga kelembaban kulit, manfaat nanas akan memberikan efek hidrasi pada kulit. Campur sekitar 3 sendok makan nanas segar yang dihaluskan. Kemudian tambahkan kuning telur dan sedikit susu. Oleskan pada daerah kulit yang kering dan biarkan selama beberapa menit, lalu cuci bersih dengan air hangat.

26. Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Bibir pecah-pecah membuat penampilan kita menjadi agak terganggu, nah, atasi dengan buah nanas, caranya padukan antara buah nanas dan minyak kelapa, kedua bahan ini berperan untuk menyembuhkan bibir pecah-pecah dan melunakkan bibr. Selain itu, campuran minyak kelapa dan nanas ini memberikan kilau alami pada bibir.

27. Melembabkan dan Menguatkan Kuku

Manfaat buah nanas yang terakhir adalah untuk melembutkan dan menguatkan kuku. Kurangnya asupan vitamin A, bisa membuka peluang terjadinya kuku yang dan rapuh. Namun bisa menjadi lebih buruk, jika mengalami kekurangan vitamin B yang menyebabkan kuku retak dan terbelah. Tidak perlu menggunakan multivitamin untuk mencegah kondisi tersebut, hanya dengan mengkonsumsi nanas. Penerapan eksternal serta konsumsi internal yang benar-benar teratur bisa mengurangi kondisi tersebut, meringankan infeksi dan memperkuat dan melembutkan kuku.
 
Perhatian:
  1. Bagi anda yang hamil dilarang mengkonsumsi buah nanas muda
  2. Bagi penderita rematik gout juga dilarang, karena buah nanas dalam saluran pencernaan di ubah menjadi alkohol sehingga membuat rematik kambuh lagi.
  3. Bagi penderita gula darah harus membatasi memakan buah nanas, karena buah ini mengandung kadar gula yang tinggi.
 Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan manfaat buah nanas? Demikianlah uraian dari kami mengenai khasiat buah nanas untuk kesehatan dan kecantikan yang sangat luar biasa, semoga bermanfaat. Baca juga 31 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan, Kecantikan dan Ibu Hamil